Saturday, February 6, 2016

Resep Siomay Goreng/Kukus

Salah satu menu ngidam hamil anak ke-3, Resep Siomay Goreng/Kukus iniiiiiiii :D.

Saya ini aslinya bukan tukang jajan. Waktu masih tinggal di Jakarta pun begitu. Kombinasi antara malas keluar rumah vs kikir, hahaha :p.

Siomay  juga enggak doyan-doyan amat. Tapi kalau ada ya pasti dimakan dengan penuh kesungguhan hihihi. Tahu Batagor Kingsley kan? Saya doyan banget, tuh. Eh, itu mah batagor ya. Sebenarnya bedanya apa sih siomay dengan batagor? *garukKepala*.

Siomay yang katanya enak itu salah satunya yang di Stasiun Cikini. Waktu masih  bekerja beberapa kali sih ikut-ikutan teman jajan siomay di sana. Soal rasa saya memang tidak begitu rewel. Semua juga enak rasanya hahaha :p. 

Resep Siomay Goreng dan Kukus
Siomay versi Kukus :D 


Makanya kalau masak juga selalu santaiiiiiii. Terasa enak-enak saja :p. Wah, jangan-jangan selama ini tidak enak -_-.

Soal  ngidam, hamil anak pertama juga sudah ngidam, sih. Tapi kan masih tinggal di Jakarta. Kayaknya keturutan semua hehehe. Dulu anak pertama ngidam sate padang. Padahal sebelum hamil enggak doyan. Bisa gitu ya? :p.

Anak kedua hamil dan melahirkannya di Jeddah. Di Jeddah pun tidak susah nyari-nyari makanan khas tanah air. Bubur ayam saja ada yang jual cobak :D. 

Naaaah, hamil ketiga ini nih. Di Irlandia sini. Alamaaaaak, mau jajan ke maneeeeeee...

Jadilah kalau ngidam dibela-belain deh masak sendir :D.

Resep siomay banyak sih di internet. Juga dapat resep dari Madam Masterchef di Jeddah sana. Kiss, kiss, Ibun Dian dan Neng Niera <3. Terus dapat di channel youtube Rasamasa plus intip-intip resep siomay di Mbak Diah Didi.

Karena kebanyakan makanya bingung sendiri hahaha. Kepengin resep A tapi kok kayaknya kebanyakan bahan.  Kepengin resep B tapi pengin beberapa bahan di resep C juga include. Ya udahlah, bikin Resep Siomay ala-ala diri sendiri aja.

Soal penggunaan kulit, lebih bagus kalau pakai wonton. Saya juga seringnya pakai wonton. Tapi pas yang kefoto malah yang pakai  kulit lumpia hehehe. Kadang kulit lumpia sisa saya pakai buat  bungkusin adonan siomay juga. Tapi jauh lebih enak kalau pakai wonton pastinya ;) (y) 

Resep Siomay Goreng/Kukus 


Bahan : 
  • Ayam fillet sekitar 300 gr
  • Daging ikan fillet sekitar 300 gr. Di sini kebanyakan dalam bentuk fillet sih jadi tinggal beli aja :D. Saya sudah mencoba 3 jenis ikan : Ikan Basa/ Ikan Cod / Ikan Hammour. Enak semuanyaaaaa ^_^.
  • Putih telur, dari 2 buah telur, ukuran sedang atau besar.
  • Bawang putih bubuk. Sekitar 1 sendok teh. Malas ngulek kalau bentuk siung. Dimasukin ke food processor juga enggak bisa  halus.
  • Kaldu ayam bubuk. Seperempat sendok teh sudah cukup. Yang bikin rasa siomay abangan enak ya penggunaan kaldu ini deh kayaknya hehehe. Kalau enggak pakai rasanya jadi beda :p. Bisa dikurangi penggunaannya kalau mau. 
  • Satu buah bawang bombay, cincang kasar.
  • Daun bawang, potong halus.
  • Satu buah wortel ukuran besar. Potong dengan ukuran sesuka hati. Tipis-tipis boleh, kotak-kotak juga bisa.
  • Tepung Tapioka, 4-6 sendok makan. Enggak pernah ditakar kalau bikin. Sebaiknya jangan banyak-banyak lah ya. Nanti bisa mengurangi rasa sedapnya ayam/ikan :D.
  • Garam + gula secukupnya
  • Kulit lumpia / kulit wonton secukupnya, sampai adonan habis. 
Resep Siomay Kukus dan Goreng Enak
Siomay versi goreng :D 



Cara Membuat :

  • Gunakan food processor untuk menghaluskan daging ayam dan ikan. Ke dalam adonan ayam+ikan sebelum digiling, tambahkan putih telur + bawang putih bubuk  + kaldu bubuk. Giling sampai halus.
  • Siapkan sebuah wadah atau mangkok besar. Masukkan ke dalamnya : bawang bombay cincang + potongan daun bawang + potongan wortel.
  • Daging ayam + ikan yang sudah halus (di nomor 1) tuangkan ke mangkok besar tadi. Aduk-aduk. Jangan terlalu lama diaduk. Seperlunya saja asal tercampur. Itu tips dari Mbak Diah Didi :D. Kalau kelamaan nanti teksturnya keras.
  • Tambahkan garam + gula secukupnya.
  • Tambahkan tepung tapioka. Aduk kembali sampai tercampur rata. Balik lagi, jangan kelamaan, ya. Pokoknya asal merata saja.
  • Masukkan ke dalam kulit. Kalau untuk kukus, dibungkus pinggir-pinggirnya saja, atasnya terbuka. Kalau buat yang goreng, saya bungkus sampai tertutup penuh.
  • Silakan, mau dikukus atau mau digoreng, dua-duanya enak sih menurut saya ho ho ho :p.

Enggak susah kok yaaaaa ^_^.

Btw, tempo hari ada yang nanya bedanya kulit lumpia vs wonton. Kulit lumpia itu yang biasa disebut Spring Roll itu lho, lebih tipis. Kalau wonton kan agak tebal. Beda kok, beda banget :D.

Semoga jadi nambah variasi Resep Siomay Goreng/Kukus -nya yak :D. Cobain, cobain ^-^.




1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...