Saturday, February 27, 2016

Kacang Tanah Bagus Untuk Diet?

Pernah dengar enggak kalau kacang tanah bagus untuk diet ? 

"Kacang nih. Mau gak?"
"Enggak ah, gue lagi jerawatan, nih..."
"Huh?"
"Iyeeeee ... kacang pan bikin jerawat tambah parah."

Nah lhooooo, berarti kacang enggak bener nih? Makan kacang malah bikin jerawatan atau jerawat makin parah. Boro-boro buat diet. Ngapain diet kalau muka jerawatan yak? Kita mah penginnya muka alus, bodi kurus, kulit mulus *maeninBuluMata*. 

Btw, secara spesifik di sini kita bahas kacang tanah saja, ya. Kacang jenis ini yang paling merakyat di tanah air. Kalau almond dkk sih berat di ongkos huhuhu -_-.


Kacang Tanah Sehat atau Tidak

Ada apa dengan kacang tanah? --> pasang spanduk Cinta tatap-tatapan dengan Rangga hehehe :p. 


Serius nih, ada apa dengan kacang tanah? Ya tidak ada apa-apa kok :p. Maksudnya tidak ada ancaman yang serius yang gimana-gimana. Kacang tanah (direbus atau disangrai) justru termasuk dalam cemilan sehat ;). 


Kacang tanah kalau digoreng manfaat sehatnya bisa dibilang jadi menguap. Dirusak oleh panas minyak goreng. Jadi, kalau mau bikin kering tempe, kacang tanahnya disangrai saja enggak perlu digoreng. Rasanya tetap enak, lho ^_^.

Ayo kenalan dengan si kacang tanah dulu :

1. Salah satu kandungan utama kacang tanah adalah Magnesium. Mineral ini perlu banget untuk "menghajar" radikal bebas yang nyasar ke pembuluh darah, sel tubuh dan jantung. Plus punya Omega 3 alami yang berfungsi mengencerkan kekentalan darah. 

Makanya, banyak hasil penelitian yang menunjukkan 

manfaat kacang tanah sebagai penurun kolesterol ;). 

Jelas, ya. Kacang tanah bagus untuk jantung.

2. Tapi jangan lupa ... kacang tanah ini termasuk makanan yang berlemak. Kabar baiknya, lemak yang dikandung oleh kacang tanah (alami) adalah lemak baik atau lemak sehat. Kabar buruknya, ya tetap saja kandungan lemaknya tinggi. 

Kalau dimakan kebanyakan ya pasti efeknya bikin bikin tambah endut (berat badan nambah). Hukum alam dari akibat tubuh kebanyakan asupan kalori.

Makanya, konsumsi kacang tanah memang harus dibatasi. Jangan makan setoples atau dua toples sehari *tepokJidat*. Mungkin segenggam tangan kacang tanah sehari sudah cukup ideal. Kalau konsumsinya pas malah bisa bikin berat badan gampang turun karena efek positifnya yang kaya serat juga.

Intinya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ;).

3. Tuduhan bahwa kacang tanah bikin jerawatan? Bisa dibilang ini fitnah! *pukPukKacangTanah*. 

Penyebab timbulnya jerawat dipicu oleh pH darah yang terlalu asam. Kalau terlalu asam, efeknya membuat darah lebih pekat dan akan membuat penyaluran nutrisi dan oksigen terganggu. Kalau sudah begini, makan kacang tanah yang jelas-jelas berlemak abis plus sifatnya sebagai pembentuk asam bisa membuat kulit meradang yang salah satu efeknya adalah si jerawat tadi itu.

Itulah makanyaaaaaa ... makan sayur, makan sayur, makan sayur :D. Plus makan buah, makan buah, makan buah jugaaaaa. Sayuran dan buah-buahan dalam kondisi segar (cukup dicuci bersih tanpa dimasak) merupakan pembentuk basa utama. Bisa membantu menetralkan kondisi pH yang terlalu asam.

Intinya ... keseimbangan ^_^. Tapi pahami bahwa pembentuk basa dalam tubuh memang jenis makanannya terbatas sementara sisanya adalah pembentuk asam. Makanlah sayur/buah segar  MINIMAL SAMA  BANYAKnya dengan makanan jenis lain seperti : nasi dan karbo lainnya, protein hewani, susu dsb.

Hidup sayur dan buah! (y).


Gambar : pixabay.com

4. Masih banyak kandungan gizi lain dalam kacang tanah. Seperti misalnya vitamin A, vitamin B kompleks, zat besi, kolin dan kalsium. 

Kacang tanah juga mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Jadi, protein itu tidak mutlak harus dari protein hewani seperti yang sudah sering  berulang-ulang saya tulis di berbagai resep tahu-tempe-jamur sebelum-sebelumnya :D.

So, jangan takut makan kacang tanah lagi ya. Sebaiknya dikonsumsi dengan cara TIDAK DIGORENG menggenang dalam minyak panas. 

Dan ingat prinsip "jangan lebay" dalam hal apa pun. Kalau kata Mbak Vetty Vera, "Terlalu banyak ...jangan. Terlalu sedikit ... jangan. Yang sedang-sedang saja" :p.

Sumber : Buku Rahasia Masak Wied Harry (Oleh : Wied Harry) 

Untuk menjawab judul tulisannya ya jelas ya. Pada dasarnya memang kacang tanah bagus untuk diet :). 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...