Tuesday, April 12, 2016

Resep Nugget Ikan Panggang / Tanpa Digoreng

Resep Nugget Ikan Panggang ya sesuai namanya, nugget ikannya dipanggang, instead of digoreng kayak biasa ;).

Dibuatnya juga dari ikan fillet tanpa diolah sama sekali. Jadi ikan filletnya dipotong-potong saja, di-marinade dengan bumbu, lalu dicemplungin ke tepung-telur-tepung roti.

Untuk membuat Resep Nugget Ikan Panggang ini, ikan filletnya tidak perlu dihaluskan, ya. 


Resep Ikan  Nugget Panggang (Tanpa Minyak)


Rasanya ya tentu beda dengan nugget 'standar' yang daging ikan/ayamnya biasanya sudah dihaluskan dan dicampur bumbu-bumbu segala macam. Tapi tetap enak kok ^_^. Yang penting suami dan anak-anak doyan ;).


Tadinya sempat ragu kalau dipanggang bakal kayak apa. Rasanya ya memang tidak segurih dan sekenyal kalau digoreng tapi ya itu tadi, tetap enak ^_^. Malah rasa ikannya lebih natural. Jadi kayak makan ikan bakar biasa tapi berbalut tepung hahaha.

Tidak hanya ikan yang bisa diginiin. Cobain dengan daging ayam juga atau udang. Tapi kalau udang saya nyerah, deh. Harganya di sini bikin deg-degan. Ditambah lagi suami saya cenderung kolesterol tinggi.

Tepung rotinya juga saya buat sendiri. Bukannya sok-sok an hihihi. Soalnya malas nyarinya. Ada sih di supermarket cuma kan jarang dipakai. Kadang keburu expired padahal masih nyisa. 

Jadilah daripada ribet, karena stok roti gandum hampir selalu ada, bikin tepungnya pas lagi butuh saja hehehe. Bikin tepung roti gampang pakai bingits :p. 

Potong kecil-kecil roti tawar (kalau saya hampir selalu pakai yang gandum, bukan roti putih) lalu blender sampai halus. Mungkin tidak sehalus tepung yang dijual sudah dalam bentuk kemasan. Tapi rasanya sih sama ;).

Kalau memang sering pakai tepung roti ya mending nyetok aja daripada capek bikin sendiri. Etapi bikin sendiri enggak capek kok. Praktis aja hehehe. 


Resep Nugget Ikan Panggang


Bahan :

  • 300 gr ikan fillet. Di sini paling sering pakai jenis Ikan Cod, Hammour atau Basa. Kalau Salmon juga  banyak. Tapi harganya ngeri, hahahaha :p. 
  • 100 gr tepung terigu 
  • 2 buah telur, kocok lepas
  • Tepung roti secukupnya. Sesuai penjelasan saya di atas, saya bikin tepung roti sendiri. Untuk porsi ikan segini, bisa digunakan kira-kira 3-4 lembar roti tawar. 
  • Sedikit minyak zaitun untuk mengoles alas nampan agar nugget ikan tidak lengket

Bahan rendaman ikan :

  • Jeruk nipis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih dihaluskan. Atau pakai yang bentuk bubuk dengan takaran disesuaikan.
  • Garam gula secukupnya

Cara Membuat :

Resep Nugget Ikan Panggang / Tanpa Digoreng


  • Cuci bersih ikan. Potong sesuai selera. Mau agak tipis bisa biar lebih krispy. Mau agak tebak juga silakan biar lebih gede hihihi. Setelah dipotong-potong, rendam dengan bahan rendaman ikan minimal setengah jam.
  • Alasi nampan untuk memanggang nugget dengan minyak zaitun. Enggak perlu banyak-banyak.
  • Panaskan oven di suhu 180 dercel.
  • Setelah ikan selesai direndam, celupkan satu-satu ke dalam tepung terigu. Tepungnya tidak usah dibumbuin lagi. Biar enggak kebanyakan garam dll. Tetap gurih kok hasil akhirnya. Satu-satu ya biar lebih rapi :D.
  • Setelah itu celupkan ke dalam kocokan telur lepas. Telurnya juga tidak perlu dibumbuin. Itu rasa dari ikannya sudah cukup kok :D. Dari adonan telur, gulingkan di tepung roti. Atur dalam nampan. Kerjakan terus sampai potongan ikan habis.
  • Setelah oven panas, masukkan nampan ke dalam oven. Panggang 10-15 menit.
  • Keluarkan sebentar lalu balik.
  • Panggang lagi selama 10 menit. Pemanggangan kedua lebih sebentar daripada yang pertama.
  • Keluarkan dan siap dihidangkan.

Gampangnya enggak kira-kira, kan? Resep nugget orang pemalas ini mah, hahaha :p.

Biarin yak weeeeeek *melet*. Masaknya lebih praktis tidak butuh waktu lama, lebih sehat tanpa goreng-gorengan, rasanya juga tetap nendang ;). 

Ah ya, karena bikinnya gampang tidak perlulah sampai dibekukan segala. Kalau kepengin ya bikin lagi aja hehehe. Lebih fresh hasilnya. Tapi kalau sikon memaksa, tidak terlalu banyak waktu di dapur, ya enggak apa-apa juga kali dibuat banyak dan dibekuin yak ^_^.

Anw, Resep Nugget Ikan Panggang ini jadinya termasuk sering dijadikan menu kepepet hihihi. Lagi berusaha menghindari goreng-gorengan nih. 

Belum bisa tune in nih dengan menu-menu "bule" sini. Padahal menu lokal mereka kebanyakan hanya panggang dan kukus doang lho. Kalau salad sih enak ya jadi punya banyak pilihan dressing. Tapi menu utama masih lagi didalami nih *tsaaaah*. Gayanya dah kayak masterchef dah hahahaha.

SIp, ya. Semoga resepnya membantu. Cobain yuk Resep Nugget Ikan Panggang -nya ;). 

Updated : Nah, ini saya sudah bikin vlog Resep Nugget Ikan. Tapi ini versi gorengnya :D. Silakan ditonton untuk melihat secara live cara membuat nugget ikan rumahan yang tentunya tanpa pengawet, menggunakan bumbu alami :D.






1 comment:

  1. Cari resep nugget ikan panggang, eh...ketemu blog baru.
    Salam kenal, mba Davincka. 😃

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...