Sunday, April 3, 2016

Resep Nasi Goreng Jalapeno

Resep Nasi Goreng Jalapeno ... masih in the mood buat eksplorasi bumbu-bumbu lokal khas sini *tsaaaah* :p. Bilang aja lagi bosan sama menu itu-itu aja dan kepengin nyoba yang agak beda.

Untungnya lagi, bumbu-bumbu lokal sini harganya enggak mahal #eaaaa. Makin-makin nafsu deh eksplorasinya hahaha :p.

Resep Nasi Goreng Jalapeno


Jalapeno, yang dilafalkan sebagai ha-la-pi-nyo, adalah cabai khas dari daerah Amerika Tengah dan Latin. Tepatnya bisa dibilang dari Meksiko. 

Intermezzo dikit. Jadi, kalau ketemu kata senorita itu bacanya jadi : se-NYO-ri-ta yak :p. 

Terus terang, saya tidak pernah benar-benar makan Jalapeno dalam bentuk asli/alami. Katanya sih pedasnya super. Pedas banget-banget-banget. Tapi seringnya gitu ya, sudah disangka pedas, ealah, masih lebih pedas cabe rawit asli Indonesia hihihi.

Pernah sih melihat penampakannya setelah dipotong-potong. Menjadi taburan di topping salah satu varian vegetarian pizza, Jalapeno Pizza. 

Beberapa teman India di sini pernah merayakan ulang tahun anaknya di rumah makan model Fast Food di kota ini juga. Saya dan keluarga beberapa kali diundang.

Kalau India sih aman lah ya buat kita yang muslim karena mereka makanannya vegetarian ^_^. Di salah satu acara ulang tahun itulah jadi "kenalan" dengan si Pizza Jalapeno. 

Ya rasanya pedas-pedas gitu doang. Tapi siapa tahu memang rasanya "disesuaikan" karena kuliner bule mana kuat makan yang pedas-pedas.

Suami saya sih doyan banget. Makanya, pas ke toko dia nyari-nyari saos Jalapeno. Harapannya sih biar ada alternatif saos sambal. Kalau ngandelin sambal ABC doang, udah habis dari kapan tauk hahaha :p.  

Dibelilah Jalapeno botolan. Muraaaaaaah *tepukTangan*. Di swalayan kesayangan kita semua, ALDI hihihi. Yang tinggal di Eropa pasti paham banget deh istimewanya Aldi ini :p. 

Pas di rumah dicobain, jiaaaaah....rasanya malah asem dan manis. Pas dibaca, kandungan Jalapenonya cuma 30%. Sisanya saos tomat biasa. Mau dijadiin saos buat makan kentang panggang juga nanggung rasanya.

Jadi deh, kepikiran kalau saosnya dipakai buat campuran nasi goreng saja. Saya pribadi doyannya makan nasi goreng kampung. Yang hanya pakai cabe merah gede, bawang putih-merah, tomat dan kadang-kadang terasa itu. Lidah kampung abesssss.

Tapi stres juga kalau keseringan beli cabe merah besar di sini hihihi *elusDompet*. Mahal gilak. 

Kalau menggunakan bumbu-bumbu seperti saos tiram dan jadi nasi goreng ala-ala oriental, saya belum ketemu racikan yang pas. Kurang doyan rasanya so far :(.

Setelah dicoba menggunakan saos Jalapeno, waaaaah, lumayan jugak ^_^. Bumbunya juga gampang banget, bawang merah/bombay tidak saya pakai. Jadi dominan bawang putih. Wanginya pas. Rasanya lumayan. 

Dan yang paling penting ... suami dan anak-anak doyan! Ffiuuhh *ngelapKeringat*. Cara bikinnya ya standar bikin nasi goreng biasa, kok ;). 

Resep Nasi Goreng Jalapeno


Bahan :

  • Nasi sisa, terserah adanya berapa hihihi. Yang saya gunakan kemarin kira-kira porsi 3-4 orang dewasa.
  • 4 siung bawang putih diiris tipis
  • 1 sdm kecap ikan 
  • Saos Jalapeno botolan, takarannya terserah. Ini rasanya rada asem manis dan pengaruh juga ke warna. Kalau mau merah banget ya pakai yang banyak hehe. 
  • Merica bubuk
  • Garam secukupnya, tidak perlu gula karena rasa jalapenonya sudah ada rasa manis-manis gitu.
  • 1-2 sdm minyak sayur untuk menumis

Cara Membuat :

  • Tumis minyak sampai panas dan masukkan bawang putih. Tumis sampai wangi. Jangan sampai gosong.
  • Masukkan nasi. Aduk-aduk sebentar.
  • Masukkan kecap ikan, saos jalapeno, merica, garam. Lalu aduk sampai rata. 
  • Kalau sudah panas dan bumbu kira-kira sudah blending sempurna matikan api dan siap disajikan.


Resep Nasi Goreng Jalapeno



Warna merahnya agak beda ;). Jadi sekilas ingat Nasi Goreng Merah khas Makassar hehehe. Tapi nasi goreng merah -nya Makassar sih merahnya benar-benar merah, tidak ada semburat oranye sama sekali :D. 

Kapan-kapan pengin nyari resepnya dan praktik in di sini, aaaaah. Kapan-kapan yaaaaaa, kapan-kapan! Hahaha :p.

Btw, bikin nasi goreng memang mudah dan cepat. Buat yang Food Combining, itu telurnya dicuekin saja ya :p. Makan nasi goreng pakai jamur saja seperti yang sudah saya kasih linknya tuh di atas hihihi. 

Jangan khawatir, saya juga pernah bandel makan nasi goreng tapi sama telor. Yang penting, sayuran segarnya sebagai penyeimbang jangan ikut dicuekin yak ^_^. 

Boleh dong ya buat alternatif bikin nasi goreng, cobain sendiri di rumah Resep Nasi Goreng Jalapeno -nya ;).


 


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...