Tuesday, April 12, 2016

Resep MPASI Ayam Wortel

Resep MPASI Ayam Wortel ini mulai saya berikan setelah anak saya melewati tahap makan sebulan pertama. Jadi saya masukkan menu ini ke kategori MPASI 7 bulan.

Tapi sebenarnya diberikan kepada bayi 6 bulan juga boleh, kok.

Resep MPASI Ayam Wortel


Anak saya sendiri mulai makan di usia 6 bulan kurang seminggu. Sengaja saya cepetin hehehe. Soalnya takut mepet banget. 

Petunjuk untuk memulai makan padat pertama untuk anak bayi itu antara rentang usia 20-26 minggu. Makanya, ada juga yang memulai makanan solid pertama di usia 4 bulan. Tapi mohon diingat, lebih direkomendasikan dimulai dari usia 6 bulan.

Tapi usia 26 minggu ini dianggap selambat-lambatnya. Kalau dikira-kira kan itu pas 6 bulan, yak. Biar enggak mepet ya saya majuin dikit. Sebelum pas 6 bulan sudah saya beri MPASI kepada si adek bayi :D.

Pertama kali itu saya beri oatmeal. Baca resepnya di sini : Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi 6 Bulan.

Belum sempat membuat rekapan dan menu lengkap di usia 6 bulannya nih. Padahal dulu pas anak pertama dan kedua enggak ada gini-ginian yak hahahaha. Better late than never :p. Aneh nih, digebernya pas udah anak ke-3 hahaha.

Nanti deh saya tulis lengkap. 

Nah, berhubung foto yang available untuk saat ini adalah foto Resep MPASI Ayam Wortel, yo wis posting resep yang ini dulu.

Sudah saya cobakan selama 3 hari berturut-turut. Anaknya sih doyan. Alhamdulillah yang ini makannya enggak neko-neko. Walau tidak bisa dibilang lancar juga. Yang jelas sih, sering habis dan ditelan semua hehehe. 

Kadang-kadang memang butuh kita berakrobat untuk memancing perhatian si adek bayi pas lagi makan biar dia enggak bosan. Enggak yang susah-susah. Paling nyanyiin lagu anak-anak saja sama ciluk ba-ciluk ba dengan berbagai macam gaya hahaha :p.

Oiya, kalau membuat makanan anak bayi kan suka repot ya kalau khusus dibikinin satu porsi saja :(. Selain capeknya sama, itu kadang blender sama food processor enggak mau muter kalau isinya cuma seuprit.

Jadilah kalau membuat makanan bayi, kita harus siapin wadah kecil-kecil untuk menyimpan sisa di freezer buat dikonsumsi di waktu makan berikutnya. Nyimpennya per satu porsi makan, ya. Karena kalau sudah dikeluarkan dari kulkas ya harus langsung dimakan enggak boleh dibekukan lagi :).

Lihat contoh wadah di foto pertama di atas. Wadah kaca lebih bagus katanya. Tapi di sini adanya yang plastik-plastik gitu.

Yang di mangkok ungu siap dimakan. Yang dalam wadah siap  masuk kulkas hehehe.

Resep MPASI Ayam Wortel


Bahan :

  • 1 buah wortel ukuran sedang/besar. 
  • Sekitar 150 gr ayam fillet
  • ASI / Susu Formula / Kaldu sayur secukupnya 

Cara Membuat :

Resep MPASI Ayam Wortel


  • Kupas wortel, cuci bersih, potong kecil-kecil biar gampang  matang saat dikukus
  • Potong-potong ayam fillet, cuci bersih. Potongannya juga jangan besar-besar ya biar cepat matang.
  • Siapkan kukusan dan panaskan. Kukus wortel dan ayam. Bersamaan saja. Sekitar 15-20 menit.
  • Setelah matang, masukkan ke dalam food processor
  • Tambahkan ASI / Susu Formula / Kaldu Sayur agar ayam dan wortel lebih mudah digiling.
  • Giling sampai halus

Setelah selesai barulah hasilnya dimasukkan ke dalam wadah-wadah tadi. Kalau mau dimakan saat itu juga ya tinggal pindahin secukupnya ke dalam mangkok. 

Buat yang ingin memperkenalkan Food Combining kepada si bayi, ayam wortelnya ya langsung diberikan saja tanpa tambahan apa pun. Kalau yang ingin mencampur dengan karbo juga boleh. Ingat kan, dalam Food Combining, protein hewani tidak boleh dicampur dengan karbohidrat :D.

Karena di rumah memang suami dan anak-anak saya yang lain tidak ikut FC, jadi si adek bayi kadang saya campurkan ayam wortelnya dengan sereal oatmeal atau tepung beras. Diberikan tanpa sereal juga pernah. Dua-duanya dia doyan-doyan saja.

Protein pertama yang saya perkenalkan itu sebenarnya tahu, sih. Bukan ayam ini. Tapi tempo hari pas nyobain tahu, enggak kepotret sama sekali hahahaha. Tahu biasanya hanya dikukus terus dibejek-bejek pakai sendok hehehe.

Tapi nanti mau nyobain tahu kukus dicampur sukini. Sukini, sayur favoritnya si adek bayi nih ;).

Sementara yang sempat ketulis baru menu ini. Cobain ya buat dedek bayinya di rumah Resep MPASI Ayam Wortel ini :D. Siapa tahu juga doyan hehehe.




 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...