Wednesday, June 22, 2016

Resep Tahu Balado

Resep Tahu Balado ini salah satu favorit anak sulung saya. Dia ini mirip banget dengan saya selera makannya. Pokoknya ya, apa saja kalau di-balado pasti disikat! Hehehe.

Kalau Resep Balado sih apa saja bisa dibalado kan? Tidak harus protein hewani seperti daging-dagingan dan telur. Terong pun bisa dibalado :p. Apalagi tahu dan tempe. 

Kali ini ya kebetulan yang sudah ada stok fotonya ya Resep Tahu Balado dulu hihihi.

Resep Tahu Balado


Bulan Ramadan tahun ini, diniatkan untuk sekalian "clean eating" buat saya. Ya "clean eating" ala-ala aja sih :p. Minimal ingin mengurangi konsumsi protein hewani. Tapi yang goreng-gorengan tetap tidak terelakkan huhu.

Tapi Resep Tahu Balado ini, Tahu -nya tidak digoreng lho ^_^. Tapi cuma dipotong-potong kotak saja terus langsung dicemplungin ke sambal tumisnya saja. Kalau mau bisa dikukus dulu. 

Tekstur tahu yang dijual di sini tuh memang ada 2. Ada yang klemer-klemer ala-ala tofu itu lho :p. Ada juga tahu yang teksturnya kokoh dan keras. Nah, untuk Resep Tahu Balado ini saya pakai jenis tahu yang teksturnya enggak rapuh itu. Apa sih sebenarnya nama tahu jenis ini? hihihi.

Tempe adalah alternatif lain dari tahu untuk konsumsi protein hewani. Jamur juga konon lumayan kandungan proteinnya. Tapi kan tempe susah di sini dapatnya. Mesti ke kota-kota besar dulu seperti Dublin dan Galway. 

Tempe pun masaknya bisa dimacem-macem-in kan ;).

Baca : Resep Tempe Bumbu Rujak

Anyway, karena sebentar lagi mau mudik, sekalian ngabis-ngabisin stok di kulkas. Misalnya stok terasi, nih, hehe. Biasanya kalau bikin bumbu balado jarang pakai terasi. Tapi biar terasinya habis, dipakai untuk Resep Tahu Balado yang ini :D. Tanpa terasi juga enggak apa-apa ^_^.

Selama ini karena disangka terasinya pas-pasan, takut habis melulu. Jadi pakainya diirit-irit. Ealah, ini udah mau mudik dan nimbun bumbu lagi dari Jakarta, malah stok terasi masih ada hehehe. 

Cabe merah juga tantangan tersendiri karena di sini mahal, Euy! Huhuhu -_-.

Tapi gimana ya, apalah arti hidup ini tanpa balado-balado an hehehe. Banyak sekali ya resep masakan nusantara yang menggantungkan hidup pada cabe merah *tsaaaah* :p. Mau mahal juga tetap dibeli, dibeli dan dibeli :p.

Hadeeeeh, jadi banyakan curhatnya hahaha.

Resep Tahu Balado 

Bahan :

  • 400 gr tahu putih. Potong kotak-kotak atau terserah mau model gimana. Bisa dikukus terlebih dahulu kalau mau. Sebaiknya jangan digoreng ya :). Biar enggak kekenyangan minyak hehehe ;).
  • 1 siung bawang bombay ukuran kecil. Kalau di sini banyaknya memang bawang bombay. Kira-kira kalau pakai bawang merah mungkin 5-7 siung apa, ya.
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabe merah  besar. Mau pakai cabe merah keriting juga bisa. Karena ukurannya lebih kecil tentu butuh lebih banyak, ya.
  • 2 cabe rawit (buat yang doyan pedas)
  • 1/2 sdt terasi
  • 1/2 buah tomat, cincang kasar
  • Garam gula secukupnya 
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm minyak untuk menumis (saya pakai minyak sayur)

Cara Membuat :

  • Haluskan bawang bombay/merah + bawang putih + segala jenis cabe + terasi
  • Tumis bumbu halus tadi sampai harum. 
  • Masukkan tomat. Tumis lagi sampai tomat matang.
  • Masukkan garam + gula + merica bubuk. 
  • Masukkan potongan tahu. Aduk rata. Karena tahunya enggak digoreng, ngaduknya jangan terlalu nafsu ya hehehe. Takut kalau tahunya "hancur" :D.
  • Masak sampai bumbu tercampur sempurna dan bumbu agak kering.
  • Siap dihidangkan ^_^.

Setelah matang, hasil dari Resep Tahu Balado ini bisa disantap dengan nasi putih dan sayur-sayuran segar. Tempo hari anak-anak saya berikan potongan timun dan sawi hijau :D. Timun dan sawinya enggak perlu ditumis juga. Cukup dicuci bersih lalu dipotong-potong.

Menu model begini sudah mencakup karbohidrat + protein dll lho ;). Jadi enggak perlu digorengin telur lagi yaaaaaa :D.


Resep Tahu Balado


Menu praktis begini lumayan ngirit waktu dan hasilnya juga cucoklah buat lidah-lidah Indonesia kita :D. Kita? Lo doang kaleeeee hahaha :p.

Mumpung kalau bulan Ramadan harga daging suka meroket, marilah kita lebih kreatif dengan sumber-sumber protein non daging alias protein nabati macam tahu tempe inih :D.


Protein nabati juga cenderung lebih "ramah" terhadap sistem pencernaan kita. Itung-itung sistem cerna kita bisa lebih "santai" ya pas bulan puasa ini. Mari dicoba sendiri Resep Tahu Balado di dapur masing-masing. 

Selamat melanjutkan ibadah puasa :). 










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...