Thursday, April 7, 2016

Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah

Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah ini pengembangan dari resep martabak telur standar. Umumnya kan diisi daging ayam atau daging sapi kan? Nah ini versi vegetarian ala-ala.



Walau vegetarian, bahan telur tetap digunakan. Btw, definisi vegan sendiri ada beberapa jenis sih. Beberapa kaum Vegan ini juga mengkonsumsi telur dan susu hewan kok ;).

Martabak telur non daging hewan yang paling umum itu martabak telur isi tahu. Ya, gak? Dulu di warteg dekat kantor sering ada menu ini. Sama saya mah saya jadiin cemilan hihi. Maklum ya, masih muda, nge-gym dikit berat badan bisa cepat melorot. Sekarang? *nangis*.

Kekurangan resep ini karena masih mengandalkan minyak goreng. Kalau dipanggang pernah coba. Keras, uy, hahaha :p. Sok-sok an sih -_-. 

Saya termasuk sering membuat martabak telur isi tahu. Anak-anak dan suami  juga doyan soalnya. Dulu juga sudah pernah sharing Resep Martabak Telur Isi Jagung Manis. Masih ingat? Kalau enggak klik lagi linknya deh hehe :p.

Baca : Resep Martabak Telur Isi Jagung

Overall, bahan-bahan dan cara membuat di Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah ini ya hampir sama dengan martabak  jagung. Ibaratnya film, cuma ganti "pemeran utama"nya saja :D. Skenario dan jalan ceritanya mirip banget.

Biar enggak kebanyakan protein hewani, tapi kebelet martabak telur, bolehlah dicoba resep martabak telur yang ini ;).

Kacang merahnya sendiri bisa pakai yang kalengan atau beli kacang merah segar terus direbus sampai empuk. Resepnya gampang lah. Saya aja bilang gampang hahaha *chefBoongan* :

Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah


Bahan :

  • 200-300 gr kacang merah yang sudah empuk (bisa pakai yang kalengan atau beli segar lalu direbus sendiri sampai empuk)
  • Daun bawang cincang kasar 
  • Batang seledri cincang kasar
  • Bawang bombay iris-iris atau cincang kasar
  • Merica bubuk
  • Ketumbar bubuk
  • Garam + gula secukupnya
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • Spring Roll secukupnya (kulit lumpia yang sudah jadi). Mau bikin kulit sendiri juga boleh. Tapi cari sendiri resepnya di Google ya hihihi. Saya belum pernah nyoba bikin kulit martabak sendiri.
  • Minyak untuk menggoreng (saya pakai minyak sayur)


Cara Membuat : 

  • Campurkan kacang merah, daun bawang, seledri, bawang bombay, merica, ketumbar, garam dan gula ke dalam wadah mangkok. Aduk sampai tercampur rata. 
  • Panaskan minyak goreng
  • Siapkan kulit lumpia/Spring Roll. Biasanya kalau beli jadi masih pada lengket. Ya dipisahin satu per satu sejumlah yang kira-kira dibutuhkan biar nanti tinggal ambil saja.
  • Kalau minyak sudah matang. Ambil selembar kulit lumpia lalu isi dengan adonan kacang merah + tambahkan 2-3 sdm telur. Lipat yang rapi, jangan sampai telurnya bocor. Lalu masukkan ke dalam minyak panas. Ulangi sampai adonan habis.
  • Sembari digoreng, cipratin minyak ya ke bagian atasnya seperti abang-abang martabak itu lho hihihi. Bisa cepat matang tuh telurnya.
  • Angkat dan tiriskan.
Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah


Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah ini hasilnya bisa dijadikan lauk, dimakan pakai nasi dan sayuran segar. Ingat yaaaa, sayuran segar :D. Sayuran tuh kalau sudah dipanaskan gizinya sudah banyak yang menguap ;).

Kadang juga dijadikan cemilan asin. Jadi kayak makan martabak telur biasa. Etapi dulu pun saya sering lho menjadikan  martabak telur abang-abang buat lauk dii rumah hahaha. Dimakan pakai nasi dan lauk lainnya :p.

Variasi martabak telur ini lumayan sih nambah-nambahin jenis lauk di rumah. Walau mirip banget tapi rasanya bisa beda  banget lho. Ya iyalah, ada yang pakai jagung, yang ini pakai kacang merah :D. 

Anak-anak dan suami saya doyan semuanya. Mau pakai tahu kek, jagung kek, kacang merah atau kadang juga jamur,  hajar semua! Hidup gorengan! Hihihihi :p. Asal jangan sering-sering lah ya. 

Untuk martabak telur isi tahu dan jamur suka enggak sempat motretnya. Makanya belum sempat nongol dalam blog :p. 

Yang jagung gimana? Udah dicoba juga belum? ;). Kalau belum ya sementara cobain dulu deh Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah yang ini ;). 



1 comment:

  1. Pas banget ni mb, stok kacang merah lg banyak hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...