Monday, March 7, 2016

Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi

Resep Sereal Oatmeal resmi menjadi MPASI bayi pertama si adek bayi nomor 3 ini :D. Sudah kelar 3 hari pengenalan. Alhamdulillah ya, bisa dianggap sukses! Horeeeee *tepukTangan*.


Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi
Gambar : pixabay.com 


Di MPASI 6 bulan pertama si bocah nomor 3 sudah diniatin mau idealis nih. Tapi ya jangan sampai yang ngerepotin banget hahaha. Idealis tapi pemalas -_-. 

Sudah niat mau bela-beli tepung beras organik atau tepung sereal apalah yang penting organik. Disangka gampang. Ternyata ... enggak ada! Huhuhu.

Efek tinggal di kota kecil ya :(.


Saya sudah ke 3 supermarket, makanan bayi yang ada itu bubur instan buah yang sudah ada susunya pula. Aneka bubur susu pisang lah, strawberry lah, atau biskuit-biskuit bayi begitu. Enggak nemu sereal beras. Ya kali bayi bule makan sereal beras? Hihihihi.

Judulnya aja Mama Milenia sebenarnya saya masih jarang banget belanja-belanja online :p. Jadi, kok ya malas ya mau cari-cari  makanan bayi online. 

Dari hasil googling ketemu cara bikin tepung beras coklat sendiri. Enggak susah kok ternyata. Tapi, tapi, tapi, menggiling beras kan perlu food processor yang oke ya --> menatap nanar food processor yang memang dulu belinya asal beli yang paling murah hahaha.

Takut rusak, euy. Enggak bisa bikin bakso atau siomay lagi dong huhuhu.

Baca : Siomay Ayam dan Bakso Ayam 

Kalau melihat panduannya di situs wholesamebabyfood, ternyata alternatif lain jika ingin mengenalkan "karbo sehat" di tahap awal. Bisa menggunakan sereal dari oatmeal. Nah, kalau oatmeal sih  banyaaaaaaaaak :D. Yang organic juga enggak susah dapatnya ;).


Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi 6 Bulan


Oatmeal yang digunakan bukan yang instan lho ya ;). Tapi yang rolled atau yang steel cut oats. Pokoknya jangan yang instan! :D. Which is di sini memang banyaknya yang non instan *tepukTangan*.

Menggiling oatmeal lebih mudah karena teksturnya kan tidak sekeras biji beras. Jumlah yang digiling ya terserah saja, sih. Tapi enggak usah langsung buat setahun kali ya hahahaha. Saya giling pertama untuk stok 5-6 kali makan saja. Toh gilingnya gampang ;).


Resep Sereal Oatmeal MPASI  Bayi 6 bulan



Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi 6 Bulan

Bahan :

  • 100 gr Organic Porridge Oat. Jangan tertipu dengan istilah "porridge" di kemasannya, ya. Maksudnya bukan bubur lho hehehe :p. Di gambar atas / foto kedua, ada tuh contoh tekstur porridge oat yang dimaksud.
  • 150 ml air matang
  • 30-50 ml ASI untuk mengencerkan. Kalau bayinya pakai sufor, encerkan dengan sufor.

Cara Membuat :

  • Giling porridge oat dengan menggunakan food processor. Sampai sehalus mungkin.
  • Setelah selesai, saring hasilnya untuk benar-benar mendapatkan oat yang sudah berbentuk bubuk saja. Biasanya ada sisa sedikit yang bentuknya masih agak kasar dan tidak bisa lolos saringan. Sisanya taruh saja di botol terpisah. Nanti bisa digiling ulang. Hasil penggilingan lihat di foto atas ya, yang foto nomor 3 di atas :D. 
  • Sisihkan dalam botol/wadah tertentu yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Harus steril. Namanya juga buat anak bay ;).Kira-kira dari 100 gr porridge oat tadi bisa digunakan untuk 5-6 kali makan, tergantung porsi yang diinginkan.
  • Panaskan 150 ml air matang di wajan kecil. Sebaiknya untuk pengolahan makanan bayi, gunakan perkakas khusus yang terpisah.
  • Setelah mendidih, masukkan 1 sendok makan penuh bubuk oat dari dalam botol (yang sudah digiling tadi).
  • Aduk terus bubuk oat tadi sampai air habis dan mengental. Matikan api.
  • Pindahkan hasilnya ke dalam mangkok/piring bayi.
  • Encerkan dengan ASI atau sufor.
  • Siap diberikan kepada si adek bayi ;).

Kok malah lupa ya motret pas sudah jadi bubur bayi hahahaha :p. Next time, ya. Kalau sudah ada fotonya ditempelin ke sini deh. Saking semangatnya dan saking groginya nih, enggak kepikiran mau potrat-potret.

Btw, oatmeal juga termasuk salah satu makanan tinggi serat yang kaya gizi dan manfaat. Asal dikonsumsi dengan "benar" ;). Salah satu manfaatnya, sebagai makanan penurun kadar kolesterol. 

Baca : 10 Makanan Penurun Kolesterol

Soal pemberian makan pertama kepada bayi 6 bulan, hari pertama memang hanya pengenalan saja. Jadi, enggak usah maksa harus habis. Lihat gelagatnya saja. Kalau sudah enggak nyaman ya sudah.

Hari kedua ya lebih intensif hehehe. Hampir habis lho cuma kayaknya dia keburu bosan. Ini karena kelamaan nunggunya. Dia sudah terbangun beberapa jam jadi sudah enggak terlalu "on". 

Barulah hari ketiga nih sukses besar hehehe. Porsinya habis dan dia tidak cranky sama sekali. Makannya lancar banget tanpa rewel sama sekali. Mungkin pengaruh mood juga. Dia baru bangun. Bangunnya juga manis. Dan hanya menunggu sekitar setengah jam, makannya pun siap. Jadi dia enggak keburu bosan kali ya hehehe.

Oh well, beda bayi beda tabiat ;). Tetap saja anak sudah 3 pun, grogi aja deh kalau pengalaman ngasih makan pertama kali :D.

Mau anak ke berapa pun (hihihi), semoga Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi -nya membantu ya ^_^.


1 comment:

  1. Mba Jihan...mau Tanya merk oat yg dpake apa ya? makasih..^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...