Monday, March 21, 2016

Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Resep Sambal Goreng Daging Sapi ini salah satu menu andalan hari raya di rumah kami di Makassar dulu hehehe. Tidak cuma Ati Sapi atau Ati Ayam yang bisa dijadikan sambal goreng. Daging sapi pun bisa hehehe ;).

Tapi sekilas jadi kayak daging sapi bumbu bali nih :D. 

Setiap hari lebaran, Idul Fitri maupun Idul Adha, masakan khas yang disajikan di rumah malah bukan Coto Makassar atau masakan khas Sulawesi Selatan lainnya. Yang selalu ada itu : Kari Ayam, Sup Ayam Makaroni, Sambal Goreng Daging Sapi ini, perkedel kentang, burasa' dan ketupat.


Resep Sambal Goreng Daging Sapi






Ketupat sih lebih opsional. Burasa' yang wajib ada (y). Kepengin juga bikin burasa' di sini. Tapi daun pisang saja mesti berburu ke Dublin huhuhu.

Resep Sambal Goreng Daging Sapi jadinya spesial di rumah dulu karena ya hanya ada di momen-momen lebaran atau kalau di rumah lagi ada acara. Resep ini juga menggunakan kentang goreng sebagai pelengkap. Cuma pas bikin ini tempo hari, kentang lagi enggak ada.

Cara masaknya agak beda, ya. Karena dagingnya direbus bersama beberapa bumbu sampai airnya habis. Bumbunya enggak ditumis duluan. Nanti sisa bumbu masuk setelah daging empuk. 

Ini saya sudah bikin video buat nunjukin langsung cara masaknya ^_^. Silakan ditonton.



Dapat resepnya ya dari Mama lah :D. Waktu masih di Jeddah sudah pernah bikin Resep Sambal Goreng Daging Sapi ini. Suami doyan. Iya sih, dia penggemar daging sapi pakai banget. 


Saya nih yang enggak gitu doyan daging sapi. Mending daging ayam atau pilihan utama ya ... ikan dan seafood lainnya hehehe. 

Waktu Mama menemani saya melahirkan di sini juga dibikinin Sambal Goreng Daging Sapi ini. Tapi tetap saja, tiap mau bikin, sms si Mama Duyuuuuu hahahaha. Enggak hafal-hafal, Euy. Mungkin karena jarang bikin.

Nah, sekarang sekalian direkam deh di sini biar enggak ribet lagi nanya-nanya ke Mama saban mau masak Resep Sambal Goreng Daging Sapi. Kalian pun kali ada yang mau 'nyontek' toh ya hihihihi.


Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Bahan:

  • Daging sapi kira-kira 400-500 gr.
  • Terasi setengah sendok makan
  • Asam Jawa (hampir) 1 sendok makan
  • Pala, saya pakai yang bubuk setengah sendok teh
  • Merica, saya pakai yang bubuk satu sendok teh (gak punya ulekan “beneran” Kakaaaaa :p)
  • Cengkeh 5  butir
  • Gula Merah (sesuai selera saja)
  • Cabe Merah besar 3-5 buah, sesuai selera
  • Bawang merah, kira-kira 6-7 siung (di sini adanya bawang merah segede kepalan tangan gitu hihihi)
  • Bawang putih, 2 siung
  • Sereh, satu batang yang bagian putihnya saja ya
  • Lengkuas, saya pakai yang bubuk jugaaaaa :p. Kira-kira setengah sendok teh
  • Jahe, 2-3 cm
  • Kecap, satu sendok makan
  • Minyak goreng kira-kira 1-2 sendok makan.
  • Garam secukupnya.
Resep Sambal Goreng Daging Sapi



Cara Membuat :

  • Daging sapi dipotong kotak-kotak, ukuran sesuai selera. Tentunya, dibersihkan lebih dahulu dong ya ;).
  • Rebus daging bersama pala + merica + terasi + cengkih + asam jawa (encerkan dengan air sekitar 2 sdm) + gula merah. Enggak perlu air tambahan dulu ya. Nanti kan dagingnya ngeluarin air tuh. Rebus sampai kira-kira setengah empuk. Tambahkan air kalau perlu.
  • Sembari menunggu daging empuk, haluskan cabe merah + bawang merah +bawang putih + jahe. Campurkan lengkuas juga. Saya pakai bubuk soalnya. Kalau pakai yang segar, diulek bareng ya.
  • Kalau daging sudah setengah empuk, sisakan airnya sedikit ya, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi (di nomor 3) ke dalam daging. Serehnya jangan lupa dimasukkan juga. Aduk-aduk sampai rata.
  • Masak sampai benar-benar empuk. Harus sabar yaaaa kalau masak daging sapi hehehe kecuali pakai panci presto :p.
  • Kalau dirasa sudah hampir empuk tambahkan minyak goreng, aduk lagi.
  • Tambahkan kecap + garam, aduk lagi. Menambahkan garam sebaiknya pas daging sudah benar-benar empuk.
  • Pelengkap : kentang goreng kering

Tempo hari ada teman yang bertanya apakah boleh dimasak pakai panci presto? Hm, mungkin bisa juga ya, biar dagingnya cepat matang dan hemat listrik/gas. Tapi, bumbunya menyerap lebih baik gak ya? 

Soalnya dulu kan masaknya ya pakai cara biasa saja. Belum familiar dengan panci presto :D.

Bisa saja sih ya kalau mau. Saya enggak punya panci presto hihi. Ya masak ginian jarang-jarang, belum terpikir perlu punya presto ;).

Dicobain ya Resep Sambal Goreng Daging Sapi ini (y). Enak, deh ;). 

1 comment:

  1. Mantab Bu, Pedes gurih bikin laper aja mau doong

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...