Saturday, December 31, 2016

Resep Nasi Ayam Hainan

Resep Nasi Ayam Hainan ala-ala sih ini hihihi. Digabung-gabung dari berbagai resep :D. 

Tempo hari sempat melihat resep Nasi Ayam Hainan yang enggak ribet gitu seliweran di newsfeed Facebook. Masaknya juga cuma di panci teflon. Cuma cemplung-cemplung terus dimasak sampai matang :). Nasi + ayamnya juga dimasak bareng ;).

Tapi kok ya enggak pakai bawang-bawangan gitu, ya. Maklum sih kita lidahnya sudah nusantara banget. Bawang itu wajiblah mau masak apa juga :p.


Resep Nasi Ayam Hainan

Jadilah resep dari video tersebut dipermak sana sini hihihi.

Nasinya kelihatan terlalu coklat, ya. Itu karena memang bikinnya seringnya pakai beras coklat :D. Di sini lumayan gampang dapat beras coklat.

Wednesday, December 28, 2016

Agar Ikan Tidak Lengket Saat Digoreng di Wajan

Sebenarnya sih bukan tips yang gimana-gimana banget agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan. Biasa ya, koki pemula iniiiii, yang ringan-ringan gini aja suka diributin hahaha.

Kadang kalau masaknya beruntun, suka malas bersihin wajan yang habis dipakai buat bakar-bakar roti misalnya. Suka ada sisa-sisa keju atau apalah gitu yang masih lengket di wajan. Terus wajannya langsung saja dipakai buat menggoreng setelahnya.

Maksudnya sih gegayaan biar hemat air. Nah ini nih yang tet tot banget :p.

Makanya suka bingung juga. Kok ya kemarin-kemarin pakai wajan yang sama buat menggoreng-goreng hasilnya oke-oke saja. Kok kadang lengket. Kirain memang faktor keberuntungan semata hahaha.

agar ikan tidak lengket saat digoreng di wajan
Gambar : pixabay.com



Sunday, December 18, 2016

Resep Ayam Goreng Ungkep

Resep Ayam Goreng Ungkep itu bisa beda-beda tergantung kebiasaan, ya. Tergantung tempat nyonteknya juga hahaha. Atau tergantung yang ngajarin atau yang ngasih tutorial :p.

Ini benar-benar resep yang super fleksibel :D.

Resep Ayam Goreng Ungkep


Mama saya termasuk aliran simpel karena Resep Ayam Goreng Ungkepnya hanya bawang putih + merica + garam gula + kaldu ayam instan. Katanya gitu doang juga udah enak.

Iya, sih. Beneran enak hehehe.

Saturday, November 26, 2016

Resep Ayam Bakar Padang


Resep Ayam Bakar Padang ini termasuk resep yang tingkat keberhasilannya cukup tinggi hehehe. Lihat saja bahan-bahannya. Kemiri, santan, sereh, bawang-bawangan...onde mandeeee :D.

Jaminan gurih khas masakan Indonesia banget gak sih? ;)

Resep Ayam Bakar Padang


Harusnya warnanya kemerah-merahan gitu. Cuma ini lagi tiris cabe merah hihihi. Duh, beli cabe merah segar di sindang, harganya bikin urut-urut sekujur tubuh dah #elusDompet. Biar ngirit, saya ganti sepertiga dengan cabe hijau yang agak kecil tapi pedes.

Saturday, November 19, 2016

Resep Sop Kambing Kuah Bening

Resep Sop Kambing


Resep Sop Kambing Kuah Bening googlingnya gampang-gampang susah, ya, hehehe :D. Tapi pada dasarnya bumbu-bumbu yang digunakan banyak  kemiripan.

Sebenarnya sempat nyasar di Resep Sop Kambing kuah kuning dan pakai santan segala. Cuma jadinya bingung, itu soto apa sop sih? Ish, suka-suka yang punya resep dong ya :p.

Ada juga resep yang cuma pakai bawang putih, merah, jahe, garam gula terus udah. Wah, yang ini langsung diskip :p. Entah ya, kalau rempahnya kurang kayaknya gimanaaaa gitu. Saelah, kayak gue yang paling jago masak aja hahaha :p.

Btw, dibanding  memasak daging sapi, saya lebih suka memasak daging kambing. Soalnya lebih cepat dan rasanya lebih gurih dan tidak kesat. Soal baunya aja paling, ya.

Wednesday, November 16, 2016

Cara Gampang Bikin Lontong Pakai Rice Cooker

Halamaaaak, lontong saja harus bikin sendiri? Huhuhu :p.

Di Jakarta kan tinggal beli, ya, hahaha. Di Jeddah pun, di toko-toko Indonesia yang bertebaran di Syarafiyah, lontong hampir tersedia setiap hari. Mau pesan pun, banyak yang bisa ditelepon hihihi.

Memanglah, urusan perut orang Indonesia agak tertantang nih di Eropa. Apalagi Eropa Coret macam tempat tinggal saya nih :p. Bener-bener deh, yang namanya selera udik ya, bela-belain deh cari cara gampang bikin lontong! *kibasCelemek*.

Ini dia nih salah satu contoh penampakan si lontong via rice cooker itu :D. 




Itu si lontong lagi pasangan dengan Sate Padang. Resep Sate padangnya juga bisa diintip di blog ini lho ;).

Baca : Resep Sate Padang Daging Sapi


Resep Dendeng Balado

Resep Dendeng Balado mungkin termasuk menu yang bikin jiper di awal tapi sebenarnya bikinnya sangat jauh dari kesan rumit. Bahasanya berat, euy, hahahaha.

Maksudnyaaaaaaa, kita suka minder duluan mau masak Dendeng Balado, padahal mah bikinnya tidak seribet yang kita bayangkan. Sombong kaaaaaauuuuu :p.

Eh, serius kok ini :D. Tapi dengan catatan dendengnya bukan yang level tebal dengan keempukan luar biasa macam di restoran-restoran Padang itu yaaaaaa :D. Level masakan rumahan aja hehehe.

Resep Dendeng balado praktis

Dendeng Balado ini khas masakan Minang yang juga paling sering menjadi pendamping rendang di rumah makan khas Padang di banyak tempat. Etapi kayaknya tidak sedikit rumah makan Padang yang jarang menjual Dendeng, ya.

Kalau rendang mah wajiiiiiiib.

Saturday, October 22, 2016

Resep Opor Ayam

Resep Opor Ayam aja ditulis siiiiiih? -_-

Resep Opor Ayam


Iya dooooong. Buat saya Resep Opor Ayam nih tidak termasuk menu biasa. Karena kenal Opor Ayam pun pas sudah hijrah ke ibukota eh...Depok, deng :p. 

Waktu masih tinggal di Makassar, rasanya enggak pernah icip Opor Ayam. Ya mungkin menikmati menu lebaran di beberapa kerabat dan teman pernah kali ya. Tapi benar-benar enggak ingat.

Menu ayam di Makassar ya seringnya gulai atau kari-kari gitu. 

Tuesday, October 18, 2016

Resep Kentang Skutel Salmon

Resep Kentang Skutel Salmon ini 'variasi' dari resep kentang skutel yang dulu pernah diposting entuh hehe. Ini sok-sok an pakai salmon juga buat si adek bayi yang bentar lagi setahun. Yippieee, sudah mulai makan yang agak enakan dikit hihihi.

Jadi Resep Kentang Skutel ini bisa dipakai buat MPASI anak usia 1 tahun ;).





Monday, October 17, 2016

Resep Sate Padang Daging Sapi



Kalau bikin Resep Sate Padang ini yang lama itu ... memilih contekan resep yang paling pas! Hahaha.

Lah ya itu resiko memilih jalur google-masterchef dong ya :p. 

Kalau dari pengalaman (menyontek :p) selama ini, khusus untuk menu-menu yang fenomenal macam Sate Padang ini memang ekstra googlingnya hihi :p. 

Selain karena ini salah satu makanan favorit suami dan anak-anak, saya enggak pernah kepikiran bakal bikin sate padang sendiri! Hahaha.

Saya sih tidak doyan-doyan amat. 

Ingat dulu pertama kali makan sate padang waktu liburan ke Jakarta pas masih SMA. Saya doyan sate yang bumbu kacang gurih-manis itu. Jadi pas sepupu bilang mau beli sate ya ikutan hepi.

Thursday, September 22, 2016

Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam

Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam ? Ya ampun enggak kelar-kelar yaaaaa resep martabak telur iniiiiii hahaha.

Resep Martabak Telur Isi Ayam



Baca : Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah

Maklumlah, saya doyaaaaan banget sama martabak telur. Umm...doyan martabak manis juga sih. Wah, resep martabak manis belum pernah keposting yak. Kemarin-kemarin rajin bikin tuh pas lagi hamil.

Kalau hamil, susaaaaah banget menahan diri dari yang manis-manis :(. Tapi belum sempat kefoto sama sekali. Sekarang sudah ogah-ogahan bikinnya.

Tuesday, September 20, 2016

Resep Lapis Daging Sapi

Resep Lapis Daging Sapi sebenarnya berasal dari daerah mana, ya? Sering sekali ada embel-embel kata "Surabaya" di belakangnya. Apa dari Jawa Timur?


Resep Lapis Daging Sapi


Hmm...bisa jadi, ya. Tapi umumnya kan masakan Jawa Timur cenderung tidak manis-manis seperti gudeg misalnya yang berasal dari Yogyakarta.

Ish, ribet bener mikirannya, Neng? Hahahha. Maklum yaow, kite pan asli Bugis-Sulawesi nih. Boleh dong ya kalau pengin tahu asal-usul masakan khas nusantara.

Pertama kali kenal Resep Lapis Daging Sapi dari embak yang dulu pernah di rumah di Jakarta. Mbak Sum, embak favoritkuuuuu <3. Jago masak, kerjanya kuat dan enggak perlu diintilin ke mana-mana, kalau beresin rumah pasti kinclong deh! ^_^

Friday, August 19, 2016

Resep Terong Balado (Tanpa Digoreng)

Resep Terong Balado (Tanpa Digoreng) ini menunjukkan betapa susahnya kita benar-benar move on dari yang namanya goreng-gorengan. Walau terongnya tidak digoreng, tapi sambalnya tetap ditumis hihihi. 

Resep Terong Balado Tanpa Digoreng




Masih ngotot mau makan yang endes-endes, jadilah Terong Baladonya dimodifikasi dikit. Walau tetap saja tidak bisa benar-benar lepas dari edisi minyak-minyak-an :(.

Terong Balado ini favorit saya dan suami. Pada dasarnya kita berdua senang yang pedas-pedas. Apa saja dibalado, deh. Mulai dari telur, tempe, tahu, segala daging hewan, kacang-kacangan dan seterusnya :D.

Wednesday, June 22, 2016

Resep Tahu Balado

Resep Tahu Balado ini salah satu favorit anak sulung saya. Dia ini mirip banget dengan saya selera makannya. Pokoknya ya, apa saja kalau di-balado pasti disikat! Hehehe.

Kalau Resep Balado sih apa saja bisa dibalado kan? Tidak harus protein hewani seperti daging-dagingan dan telur. Terong pun bisa dibalado :p. Apalagi tahu dan tempe. 

Kali ini ya kebetulan yang sudah ada stok fotonya ya Resep Tahu Balado dulu hihihi.

Resep Tahu Balado


Bulan Ramadan tahun ini, diniatkan untuk sekalian "clean eating" buat saya. Ya "clean eating" ala-ala aja sih :p. Minimal ingin mengurangi konsumsi protein hewani. Tapi yang goreng-gorengan tetap tidak terelakkan huhu.

Saturday, June 18, 2016

Resep MPASI Puree Buah Pear

Resep MPASI Puree Buah Pear bisa diberikan sejak bayi berusia 4-6 bulan. Di Irlandia sini, rekomendasi pemberian makanan padat dimulai sejak usia 6 bulan. Saya pakai patokan itu sejak anak pertama.


Resep MPASI Puree Buah Pear


Ya enggak pas banget 6 bulan sih. Seringnya 6 bulan kurang dikit. Kurang seminggu lah ya rata-ratanya.

Tapi tidak sedikit juga referensi yang membolehkan pemberian makanan padat pertama sejak usia 4 bulan. Silakan dikonsultasikan dengan dokter anak masing-masing ya :).

Friday, June 10, 2016

Resep Skutel Kentang Sayuran

Resep Skutel Kentang Sayuran ini jadi mirip-mirip dengan Pastel Tutup, ya, katanya? Pas lagi nyari-nyari resepnya ada yang mengklaim gitu.

Terus terang saya tidak terlalu familiar dengan istilah Pastel Tutup ini. Kalau lihat menu model begini ya saya tahunya namanya Skutel Kentang :D.


Resep Skutel Kentang Sayuran



Seperti Resep Skutel Makaroni, Resep Skutel Kentang ini juga bisa banget divariasikan dengan berbagai macam protein hewani. Seperti misalnya diisi daging ayam, daging sapi atau rupa-rupa sosis.

Tapi saya pribadi lebih doyan kalau diisi dengan sayuran. Sayurannya ya macam-macam sih. Lebih enak kalau ada yang hijau-hijau. Brokoli juga sering saya gunakan. Cuma pas sesi yang difoto itu malah dicampur jagung segala. Karbo loading super deh hihihi.

Saturday, June 4, 2016

Resep Ikan Masak Santan

Enggak niat bikin Reep Ikan Masak Santan awalnya. Ini sebenarnya resep untuk bikin ikan bakar ala Padang itu lho hihihi.

Resep Ikan Masak Santan


Etapi ternyata pakai ikan fillet tuh pas dibakar kok malah mengkhawatirkan. Karena jadi nyusut gitu huhu. Sebelum benar-benar nyusut akhirnya diputuskan untuk dimasak ke dalam sambal saja deh :p.

Nantilah kalau pulang ke Jakarta beli ikan kembung dan dibumbuin kayak gini dan dibakar beneran. Aduduuuh kapan mudik, kapan mudik, kapan mudik :D.

Monday, May 23, 2016

Resep Kue Gandasturi Kacang Hjau

Resep Kue Gandastari Kacang Hijau cucok buat penggemar makanan manis bangeeeeet ^_^. Bukan makanannya yang manis banget sih, tapi kecintaan sama yang manis-manis itu yang pakai banget :p.


Resep Kue Gandasturi Kacang Hijau



Sweet tooth kayak saya tentunya paling susah menahan diri dari yang manis-manis. Termasuk ke diri sendiri dong ya #ehGimana, hahahaha :p --> tabok pake celemek!

Sebenarnya agak-agak tertukar nih memori Kue Gandasturi dengan kue tradisional khas masa kecil dulu. Namanya Kue Tara'jong. Ternyata, Tara'jong ini terbuat dari singkong yang dihaluskan. 

Thursday, May 19, 2016

Resep Kue Sanggara Balanda Khas Bugis

Pernah dengar tidak Resep Kue Sanggara Balanda ini? :D. Ini dia penampakannya ;)


Resep Kue Sanggara Balanda


Sanggara Balanda artinya Pisang Goreng ala Belanda. Waduh, kue bule nih yaaaa. Bukaaaaan hahaha.

Kue Sanggara Balanda aslinya dari wilayah Sulawesi Selatan. Khususnya untuk suku Bugis-Makassar. For info sedikit, di Sulawesi Selatan ada banyak suku lain lho selain Suku Makassar dan Suku Bugis.

Sunday, May 15, 2016

Resep Puding Roti Coklat

Resep Puding Roti Coklat ini ya puding biasa dikasih coklat sama roti hahaha. As simple as it sounds :p. 

Maklum ya, chef -nya masih anak TK nih *benerinCelemek*.

Resep Puding Roti Tawar Coklat


Sebelum pindah ke sini sudah dikasih tahu teman kalau di sini enggak ada agar-agar. Jadi saban mudik selalu bawa perbekalan Swallow Globe segabruk hihihi.

Thursday, May 12, 2016

Resep Perkedel Udang Wortel

Resep Perkedel Udang Wortel ini bisa dikategorikan "menu pemalas" hahaha. Maksudnya menu yang dibuat kalau benar-benar lagi buntu mau masak apa. Buntu maksudnya malas hahaha.

Resep Perkedel Udang Wortel


Eh, enggak deng. Kalau benar-benar parah malasnya saya biasanya ceplokin telor atau rebus telur --> super ini mah malasnya :D.

Resep Perkedel Udang Wortel mah bikinnya cuma iris-iris sama cemplang cemplung terus goreng. Bahan-bahan standar : ya tentunya pakai udang dan wortel sesuai namanya plus terigu-bawang dll.

Saturday, May 7, 2016

Resep Nasi Liwet Ikan Teri

Resep Nasi Liwet Ikan Teri kali ini mudah-mudahan yang versi "bener"nya ya. Soanya dulu tuh saya mengira nasi liwet itu pakai santan hahaha.

Resep Nasi Liwet yang ini sih jelas tidak pakai santan (lagi) :p.




Saya juga ragu sih dulu sebenarnya pernah atau tidak makan nasi liwet. Kebanyakan makan nasi uduk neh hihi. Tapi pas sekali bikin pakai santan itu rasanya memang beda dengan nasi uduk. 

Terus ingat teman saya ada yang posting nasi liwet dan kita pun mengobrol di postingan itu, ngalor ngidul hingga akhirnya ketahuan kok saya bikin nasi liwetnya pakai santan. Terus dikasih pencerahan *tsaaaah* kalau nasi liwet itu kagak pakai santan, woiiiii *toyorKepalaSendiri*.

Thursday, May 5, 2016

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip sudah bisa diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. Untuk pertama kali ya jangan langsung dicampur dulu.

Ingat aturan 3-4 hari untuk perkenalan satu jenis makanan tertentu kepada bayi yang baru belajar makan makanan padat.

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip



Kalau dilihat dari warna lebih mirip warna wortel lah ya. Soalnya parsnip aslinya putih :D. Parsnip sendiri sejenis dengan wortel, satu kelas apa satu genus gitu --> yyiuuuk yang masih ingat pelajaran Biologi hihihi :p. 

Sunday, May 1, 2016

Blogilates, Sehat dan Langsing ala Cassey Ho

Ada yang ngikutin channel Youtube-nya Blogilates? :D. 

Blogilates, dihandle oleh seorang trainer perempuan yang lumayan hits di level internesyenel *alaKakakAgnes* :p. Namanya Cassey Ho ;).

Ini nih orangnya ...



Blogilates Cassey Ho
Gambar : entrepreneur.com

Pertama tahu channel youtubenya waktu nyari-nyari video buat pilates di rumah. Sekitar 4-5 tahun lalu. Waktu masih tinggal di Jeddah, nih. 

Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat

Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat ini salah satu favorit si adek. Widiiiiih, lidahnya Indonesia banget ya Dek hihihi :p.

Tapi nyobain oatmeal juga dia doyan, sih. Hanya saja, pas mencoba sereal tepung beras coklat ini pertama kali, beuh....sampai disedot-sedot sendiri sendoknya. Anak pinteeeerrrr, enggak sia-sia dah bikin Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat ini sendiri *kibasCelemek*.


Resep MPASI Sereal Tepung Beras Coklat


Masalahnya, 2 hari nyobain MPASI sereal tepng beras coklat, ealah pup-nya jadi susah. 

Sunday, April 24, 2016

Resep Daging Sapi Balado

Ada ya Resep Daging Sapi Balado ?? Hahaha. Macam begini penampakannya :


Resep Daging Sapi Balado


Sebenarnya ini dari Resep Dendeng Balado tapi saya modifikasi dagingnya tidak digoreng sama sekali. Kalau tetap pakai istilah dendeng, bisa dikutuk nanti sama orang Minang. Soalnya dendeng kan ciri khasnya digoreng kering gitu kan ya?

Tadinya, saya pikir definisi dendeng basah itu dendeng seperti ini. Ternyata bukan! :D.

Saturday, April 23, 2016

Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau

Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau sebenarnya bagian dari ngidam pas hamil ketiga kemarin. Tapi enggak pernah kesampaian bikinnya.

Kalau bayangin bentuk Kue Onde-onde Kacang Hijau ini mikirnya sesusah apa gitu bikinnya ya? Padahal, bikinnya gampang banget huhuhu. Nyesel baru kepikiran nyari-nyari Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau ini belakangan :(.


Resep Kue onde-onde kacang hijau



Entah kenapa, kalau berhubungan dengan penganan tradisional, sering merasa ribet duluan padahal tahu cara bikinnya saja belum hehehe. Sudah minder duluan.

Friday, April 22, 2016

Dressing Salad Lebih Sehat

Dressing salad lebih sehat menjadi salah satu pertimbangan suami saya saat lagi gencar-gencarnya menjalani pola makan lebih sehat. Maklum booo, suami cenderung kolesterol tinggi.




Selain akhirnya mau rutin berolahraga tiap hari dengan panduan youtube (hihihi), suami saya juga termasuk mudah didisiplinkan soal makanan ;). Dia orangnya mau-an dan lebih nurut soal makanan.

Saya provokasi biar lebih banyak mengkonsumsi sayur dan menghindari protein hewani sebisa mungkin. Karena di sini termasuk mudah mendapatkan sayur-sayuran ala salad jadilah tiap malam dese mau makan salad segabruk-gabruk.

Tuesday, April 19, 2016

Resep MPASI Puree Zucchini

Resep MPASI Puree Zucchini bisa diberikan sejak usia 6 bulan atau makan pertama kali.

Resep MPASI Puree Zucchini



Rekomendasi usia untuk memperkenalkan makanan padat pertama kepada anak bayi umumnya berjarak 20-26 minggu. Makanya ada juga pihak yang menyarankan pemberian makanan padat pertama itu di usia sekitar 4 bulanan.

Saya sendiri sejak anak pertama, kedua dan yang ketiga ini pakai patokan yang 6 bulan. Biar pas ya ASI ekslusif selama kurang lebih 6 bulan ;).

Sunday, April 17, 2016

Resep Tahu Kuah Pecak

Resep Tahu Kuah Pecak terinspirasi dari resep Ikan Bawal Kuah Pecak di blognya Mbak Endang yang tersohor itu hehehe. 

Tapi ikan bawalnya saya ganti pakai tahu.


Resep Tahu Kuah Pecak


Apaaaaaa? Enggak tahu Mbak Endang? Tapi kalau Just Try and Taste, tahu dong ;). Enggak tahu jugaaaaaa??? Sungguh terlalu!

Becanda deeeeeng :p.

Tuesday, April 12, 2016

Resep Ayam Suwir Bumbu Bali

Resep Ayam Suwir Bumbu Bali ini diadaptasikan dari resepnya Mbak Endang di Just Try and Taste. Salah satu tempat nyontek andalan nih :D.


Resep Ayam Suwir Bumbu Bali


Kalau di Mbak Endang, nama asli resepnya itu Ayam Suwir Bumbu Pedas kalau enggak salah. Malas nih googling lagi hehehe. Tapi karena pas nyoba-nyoba bikin kok ya jadi mirip bumbu bali. Minus kemiri tapinya.

Waktu bikin Resep Ayam Suwir Bumbu Bali ini pertama kali saya gunakan semua bahan dengan lengkap sesuai petunjuk dari Mbak Endang. Tapi pas kedua kali dan seterusnya, bahan santan saya skip. 

Resep MPASI Ayam Wortel

Resep MPASI Ayam Wortel ini mulai saya berikan setelah anak saya melewati tahap makan sebulan pertama. Jadi saya masukkan menu ini ke kategori MPASI 7 bulan.

Tapi sebenarnya diberikan kepada bayi 6 bulan juga boleh, kok.

Resep MPASI Ayam Wortel


Anak saya sendiri mulai makan di usia 6 bulan kurang seminggu. Sengaja saya cepetin hehehe. Soalnya takut mepet banget. 

Petunjuk untuk memulai makan padat pertama untuk anak bayi itu antara rentang usia 20-26 minggu. Makanya, ada juga yang memulai makanan solid pertama di usia 4 bulan. Tapi mohon diingat, lebih direkomendasikan dimulai dari usia 6 bulan.

Resep Nugget Ikan Panggang / Tanpa Digoreng

Resep Nugget Ikan Panggang ya sesuai namanya, nugget ikannya dipanggang, instead of digoreng kayak biasa ;).

Dibuatnya juga dari ikan fillet tanpa diolah sama sekali. Jadi ikan filletnya dipotong-potong saja, di-marinade dengan bumbu, lalu dicemplungin ke tepung-telur-tepung roti.

Untuk membuat Resep Nugget Ikan Panggang ini, ikan filletnya tidak perlu dihaluskan, ya. 


Resep Ikan  Nugget Panggang (Tanpa Minyak)


Rasanya ya tentu beda dengan nugget 'standar' yang daging ikan/ayamnya biasanya sudah dihaluskan dan dicampur bumbu-bumbu segala macam. Tapi tetap enak kok ^_^. Yang penting suami dan anak-anak doyan ;).

Thursday, April 7, 2016

Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah

Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah ini pengembangan dari resep martabak telur standar. Umumnya kan diisi daging ayam atau daging sapi kan? Nah ini versi vegetarian ala-ala.



Walau vegetarian, bahan telur tetap digunakan. Btw, definisi vegan sendiri ada beberapa jenis sih. Beberapa kaum Vegan ini juga mengkonsumsi telur dan susu hewan kok ;).

Martabak telur non daging hewan yang paling umum itu martabak telur isi tahu. Ya, gak? Dulu di warteg dekat kantor sering ada menu ini. Sama saya mah saya jadiin cemilan hihi. Maklum ya, masih muda, nge-gym dikit berat badan bisa cepat melorot. Sekarang? *nangis*.

Wednesday, April 6, 2016

Resep Nasi Goreng Kebon Sirih

Resep Nasi Goreng Kebon Sirih ini bukan untuk pertama kalinya dicoba, sih. Tapi juga bukan menu yang sering dibuat. Walau jujur saya lebih doyan daging kambing daripada daging sapi. Kan sunnah ya katanya #uhuk *benerinKerudung*.


Resep  Nasi Goreng Kebon Sirih


Mungkin karena efek daging kambing yang dimaksud di sini tuh biasanya daging domba sih hehehe. Baunya lebih "bersahabat", rasanya juga lebih endang surendang ketimbang daging kambing di tanah air. 

Sunday, April 3, 2016

Resep Nasi Goreng Jalapeno

Resep Nasi Goreng Jalapeno ... masih in the mood buat eksplorasi bumbu-bumbu lokal khas sini *tsaaaah* :p. Bilang aja lagi bosan sama menu itu-itu aja dan kepengin nyoba yang agak beda.

Untungnya lagi, bumbu-bumbu lokal sini harganya enggak mahal #eaaaa. Makin-makin nafsu deh eksplorasinya hahaha :p.

Resep Nasi Goreng Jalapeno


Jalapeno, yang dilafalkan sebagai ha-la-pi-nyo, adalah cabai khas dari daerah Amerika Tengah dan Latin. Tepatnya bisa dibilang dari Meksiko. 

Saturday, April 2, 2016

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint ini resep jadi-jadian setelah sok-sok an memelajari resep-resep ayam panggang ala "bule" hahaha.

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint


Kalau Resep Ayam Panggang ala-ala orang Indonesia mah susah soalnya kalau dimakan enggak pakai nasi :p. Ya kan, kan, kan? *ngelapIler*. Sudah mana bikinnya rata-rata lebih "ribet". Wajar kalau begitu mateng bikin laper membabi buta hahaha.

Nah, kalau lihat di video youtube atau iseng baca-baca resep ayam panggang dari ranah "western world" kok kayaknya praktis gitu, ya. Demikian juga dengan kebab-kebab Timur Tengah. Cuma tabur-tabur bumbu, didiamkan sebentar (marinade) selama setengah jam terus panggang. Voila! Kelar.

Thursday, March 24, 2016

Resep Telur Bumbu Bali

Resep Telur Bumbu Bali ini salah satu resep rumahan andalan :D. Telur, sering saya jadikan menu kalau lagi kepepet.


Resep Telur Bumbu Bali


Sosis, nugget dan makanan olahan lainnya memang agak saya hindari. Tapi beli juga sesekali. Saya lebih sering nyetok telur yang banyak hehe. Kalau malas masak atau pengin yang simpel ya bikin telur saja.

Tapi kalau kepepet enggak mungkin sih bikin Resep Telur Bumbu Bali ini hahaha. Kalau ingin buru-buru, telurnya direbus saja (lebih sehat *kedipKedip*) atau didadar dengan minyak minimal. Anak sulung senang banget kalau dibikin scrumble-egg. 

Monday, March 21, 2016

10 Delivery Katering Makanan Sehat di Jakarta

Delivery Katering Makanan Sehat di Jakarta lagi hits, nih ^_^. Hayo looooo, pada mau  kurus yaaaaaa hihihihi :p.

Eits, mengontrol makanan itu tujuan utamanya ya buat sehat dong ya ;). Kurusnya sih cuma bonus saja *benerinKorset*. 

Saya suka kepoin akun-akun instagram beberapa artis ibukota macam Mbak Dian Sastro yang hitsnya enggak kelar-kelar itu ya. Dari zaman abege, dewasa, sampai menikah dan punya anak pun, beliau selalu yang terdepan terkait ukuran ke-kece-an cewek-cewek Indonesia. 

Delivery Katering Makanan Sehat di Jakarta
Gambar : 3skinnyminnies.com


Ternyata, Dian Sastro punya bisnis makanan sehat ini. Yang 3SkinnyMinnies itu, lho. Eh, beneran gak tuh Dian Sastro juga salah satu pemiliknya?

Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Resep Sambal Goreng Daging Sapi ini salah satu menu andalan hari raya di rumah kami di Makassar dulu hehehe. Tidak cuma Ati Sapi atau Ati Ayam yang bisa dijadikan sambal goreng. Daging sapi pun bisa hehehe ;).

Tapi sekilas jadi kayak daging sapi bumbu bali nih :D. 

Setiap hari lebaran, Idul Fitri maupun Idul Adha, masakan khas yang disajikan di rumah malah bukan Coto Makassar atau masakan khas Sulawesi Selatan lainnya. Yang selalu ada itu : Kari Ayam, Sup Ayam Makaroni, Sambal Goreng Daging Sapi ini, perkedel kentang, burasa' dan ketupat.


Resep Sambal Goreng Daging Sapi



Friday, March 18, 2016

Resep Perkedel Jagung Tumbuk

Ini apa yaaaaa ... Resep Perkedel Jagung Tumbuk saja dimasukin ke blog hahaha :p. Lah, sudah saya tekankan di kolom "About", ya, soal latar belakang dibuatnya blog ini hihihi. Jangan mengharap resep-resep bak masterchef bla bla bla :p.

Resep Perkedel Jagung Tumbuk ini lumayan sering dibuat oleh Mama saya di masa kecil di Makassar dulu. Dimakannya hangat-hanget, turun dari penggorengan, disantap bareng sayur bayam bening. 

Resep Perkedel Jagung Tumbuk


Sewaktu pindah ke Depok, ngelanjutin kuliah setelah lulus UMPTN (mesti banget deh disebut lulus UMPTN nyaaaaa hahaha), jadi beradaptasi dengan masakan-masakan sehari-hari non Sulsel. 

Wednesday, March 16, 2016

Resep Ayam Masak Woku

Resep Ayam Masak Woku, satu lagi kuliner khas Sulawesi Utara. Solidaritas sesama orang Sulawesi hihihi.

Walau jarak antara Sulawesi Selatan, daerah asal saya, dengan Sulawesi terbilang agak jauh, soal kuliner ternyata banyak yang klop dengan lidah saya :D. Termasuk si Resep Ayam Masak Woku ini *jempolGede*.


Resep Ayam Masak Woku


Salah satu bumbu khasnya itu daun kunyit. Daun kunyit biasanya banyak terdapat dalam beberapa jenis masakan Minang. Tapi di Sulawesi Utara, daun kunyit juga digunakan dalam Resep Ayam Masak Woku ini.

Mengenal Istilah Daging dalam Bahasa Inggris

Istilah daging dalam bahasa Inggris cucok nih buat para perantau di negeri-negeri bule hehehe. Tapi sebenarnya banyak negara-negara Eropa Barat yang malah tidak lazim menggunakan bahasa Inggris.

Beruntunglah saya terdamparnya di Irlandia, salah satu dari dua negara Eropa yang berbahasa Inggris hihihi :p. Tapi umumnya istilah-istilah bahasa Inggris dianggap pakem kok ya ;). 

Jangan khawatir. Di Swiss pun tempo hari, penduduk lokal banyak yang fasih berbahasa Inggris (y). 

Istilah Daging dalam Bahasa Inggris
Gambar : pixabay.com

Monday, March 14, 2016

Resep Kentang Panggang Oregano

Resep Kentang Panggang Oregano ini dipelajari untuk menambah khasanah dunia perkentangan di dapur *tsaaaaah* :p. 

Dalam sehari-hari, menu kentang panggang saya masukkan dalam salah satu menu andalan pengganti  nasi putih. Selain kentang, nasi coklat  juga rutin dikonsumsi tiap hari. Kentang sih enggak tiap hari. Minimal 2x seminggu lah.


Sudah pernah dibahas juga ya tentang kebiasaan orang pada umumnya yang berusaha  menghindari nasi putih terkait kalorinya yang cukup tinggi. Tapi digantinya dengan roti atau mi pabrikan. Wah, wah, sepertinya kurang tepat, ya ;).

Resep Kentang Panggang Oregano

Tuesday, March 8, 2016

Mengenal Jenis-jenis Bawang

Banyak sekali jenis-jenis masakan nusantara yang menggunakan bawang sebagai salah satu bumbu utama. Baik bawang merah maupun bawang putih, jenis bawang yang mungkin paling kita kenal, hampir selalu dibutuhkan di berbagai macam masakan.

Jenis-jenis bawang tidak terbatas di kedua jenis bawang tadi dan daun bawang saja, lho. 

Semasa tinggal di Teheran dan di Jeddah saya baru sadar kalau di kedua tempat ini yang namanya bawang merah (shallot) yang ukurannya kecil-kecil itu cukup sulit ditemukan. Nah lho, pakai apa dong? Ada bawang merah yang ukurannya bisa mencapai kepalan tangan dewasa.

Gambar : Bawang Merah Besar 

Resep Brownies Pisang Coklat

Resep Brownies Pisang Coklat adalah godaan terbesar buat pencinta pisang sekaligus coklat seperti saya. 

Resep Brownies Pisang Coklat


Lidah kampung sejati lah ini. Buah favoritnya ya pepaya, pisang dan mangga hahaha :p.

Resep Brownies Pisang Coklat memang sengaja saya cari di situs pencarian via internet karena memang beneran pengin makan cemilan coklat yang juga ada pisangnya. Kenapa enggak bikin Pisang Coklat yang standar itu? Eit, sudah pernah dooooong :D. Resepnya saja yang belum keposting di sini.

Ini mau cari variasi lain. Bosan lah pisang coklat melulu. Mentang-mentang bikinnya tinggal gulung pisang pakai kulit lumpia olesin coklat ya hihihi.

Monday, March 7, 2016

Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi

Resep Sereal Oatmeal resmi menjadi MPASI bayi pertama si adek bayi nomor 3 ini :D. Sudah kelar 3 hari pengenalan. Alhamdulillah ya, bisa dianggap sukses! Horeeeee *tepukTangan*.


Resep Sereal Oatmeal MPASI Bayi
Gambar : pixabay.com 


Di MPASI 6 bulan pertama si bocah nomor 3 sudah diniatin mau idealis nih. Tapi ya jangan sampai yang ngerepotin banget hahaha. Idealis tapi pemalas -_-. 

Sudah niat mau bela-beli tepung beras organik atau tepung sereal apalah yang penting organik. Disangka gampang. Ternyata ... enggak ada! Huhuhu.

Efek tinggal di kota kecil ya :(.

Wednesday, March 2, 2016

Resep Tempe Bumbu Rujak

Resep Tempe Bumbu Rujak ini adaptasi dari resep ayam dengan bumbu yang sama hehehe. Makanya, seperti yang saya sering bilang, mengolah tahu-tempe enggak usah bingung-bingung. Banyak variasinya :D. 

Dibikin bumbu opor saja bisa, lho. Disemur, dibalado, digoreng, diwoku, diperkedel, dan sebagainya. Tapi sekarang, fokus ke Resep Tempe Bumbu Rujak sesuai judul :p.


Resep Tempe Bumbu Rujak



Tempe, bahan makanan olahan dari kedelai. Adapun kedelai ini punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Kedelai termasuk dalam salah satu dari 10 makanan yang dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol

10 Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

10 makanan untuk menurunkan kolesterol ini mungkin bisa membantu bagi yang ingin melakukannya tanpa obat. Hati-hati lho, memang sih minum obat bisa jadi booster utama untuk menurunkan kolesterol. Tapi jangan lupakan efek sampingnya.

Saya punya teman ahli penyakit dalam, dokter Dina Nilasari yang lagi ngambil S3 di Leicester, UK. Dadah-dadah ke Bu Dokter cantik *ciyumDariJauh*. Dulu, dokter Dina pernah bilang kalau masih muda (usia di bawah 35 tahun) banyak-banyak minum air putih dan rajin olahraga lumayan tokcer untuk menurunkan kolesterol.

Makanan untuk menurunkan kolesterol
Gambar : pixabay.com


Tapi ya kalau tiap hari makan sate kambing dan ogah makan sayuran/serat alami lainnya ya bubar jalan dong, ya :p. Jangan ditelan mentah-mentah saran teman saya hehehe. Karena tentu menjaga pola makan menjadi kunci utama dalam menurunkan kolesterol ini selain olah raga tadi.

Resep Bakso Ayam

Resep Bakso Ayam rasanya hampir mirip sih ya dengan Resep Bakso Sapi. Saya juga pernah bikin bakso sapi tapi karena suami saya cenderung kolesterol tinggi, kami membatasi konsumsi daging merah.

Resep Bakso Ayam juga hasilnya enak kok. Anak-anak doyan. Suami oke. Saya juga suka. 

Resep Bakso Ayam Gampang


Antara daging sapi atau daging kambing, sebenarnya saya lebih suka daging kambing. Lebih empuk dan tidak perlu dimasak terlalu lama. Hemat listrik hahaha :p. Di sini kan masaknya pakai kompor listrik dan tagihan listrik tuh sungguh bikin kantong perih. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...