Thursday, September 22, 2016

Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam

Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam ? Ya ampun enggak kelar-kelar yaaaaa resep martabak telur iniiiiii hahaha.

Resep Martabak Telur Isi Ayam



Baca : Resep Martabak Telur Isi Kacang Merah

Maklumlah, saya doyaaaaan banget sama martabak telur. Umm...doyan martabak manis juga sih. Wah, resep martabak manis belum pernah keposting yak. Kemarin-kemarin rajin bikin tuh pas lagi hamil.

Kalau hamil, susaaaaah banget menahan diri dari yang manis-manis :(. Tapi belum sempat kefoto sama sekali. Sekarang sudah ogah-ogahan bikinnya.

Soalnya kalau martabak telur kan bisa sekalian jadi lauk nemenin nasi buat suami dan anak-anak hehehe. Kalau dibikin buat cemilan doang, hadeeeeh, rugi tenaga dan waktu bangeeeettt  #lemparCelemek.

Ini juga bikin Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam lupa motoin dalamnya. Nah, bisa aja kan tuh martabaknya isi jagung atau tahu, hayoooo, hahahaha :p.


Kalau bikin Resep Martabak Telur, saya hampir enggak pernah bikin sendiri kulitnya. Nah, pernah tuh sekali sok-sok an pas masih di Teheran. Gegayaan mau bikin kulit sendiri. Lebih karena di sana enggak ketemu Toko Asia yang jual kulit semacam Spring Roll itu hahaha.

Halamaaaak, baca resepnya saja sudah nyut-nyutan sendiri. Enggak jadi akhirnya -_-.

Nah, pas di Jeddah atau di Athlone sini ya kalau bikin martabak telur pastinya selalu pakai Spring Roll hihihi. Lebih praktis. Walau mungkin rasa kulit martabak yang bikinan sendiri lebih maknyus ya. Apa dayalah :p.

Updated : sekarang sudah ada vlognya yah buibuuuu hihihi, monggo diintip proses pembuatan langsung si martabak telur isi daging ayam ini ;)



Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam sebenarnya bisa-bisa saja menjadi menu bagi penganut pola makan Food Combining. Asalkan jangan dimakan pakai nasi.

Tetap sih bukan menu ideal. Selain digoreng dengan minyak segabruk-gabruk :p, menggabungkan 2 jenis protein hewani (ada telurnya juga) plus ada karbo dari kulitnya. Tapi tetap lebih baik ketimbang makan ayam goreng plus nasi putih sih hehe :D.

Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam mah gampiiiiiillll.

Kalau saya saban bikin martabak itu enggak pernah pakai bawang putih hehe. Entah ya, kurang cucok saja rasanya.

Makanya, pas menumis daging ayamnya pakai bawang merah saja ^_^. Karena di sini susah banget dapat bawang merah, saya seringnya pakai bawang bombay ;).

Busyet, busyet, pengantarnya bikin lelah gini, Kakaaaaa ahaha. Beklah, beklah, here's the recipe :


Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam


Bahan :

  • Ayam fillet 300-400 gr, cincang kasar atau halus terserah saja :D. Malas pakai yang sudah dicincang dari toko, kekecilan atau terlalu halus ukurannya buat saya :p. Enggak apalah capek dikit hehe.
  • 1 siung bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
  • 2-3 daun bawang cincang kasar/halus, makin banyak makin endeusss ;)
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 butir telur ukuran besar. Kocok lepas.
  • Garam gula secukupnya
  • Kaldu ayam atau penyedap rasa secukupnya (kalau mau).
  • Lembaran Spring roll secukupnya buat pembungkus adonan. Mau bikin kulit sendiri juga boleh. Monggo digoogling sendiri resep kulit yang cocok ^_^. Banyak banget soalnya hehe.

Cara Membuat :

  • Tumis bawang bombay sampai wangi
  • Masukkan daging ayam yang sudah dicincang. Aduk sebentar. Masukkan garam+gula+penyedap rasa. Tunggu sampai setengah matang atau lebih-lebih dikit. Jangan kematangan soalnya nanti kan mau digoreng lagi dalam kulit  bareng telur dkk.
  • Angkat tumisan daging ayam, pindahkan ke dalam mangkok, ukuran sesuai.
  • Ke dalam mangkok tumisan ayam, campurkan ketumbar+merica+daun bawang. Nah, banyak juga yang lebih suka ditumis bareng. Silakan saja prefer yang mana :).
  • Aduk semua sampai tercampur rata.
  • Panaskan minyak goreng (dalam jumlah banyak) untuk menggoreng martabak.
  • Ambil selembar Spring Roll, isikan kurang lebih 1 sdm adonan ayam plus 1-2 sdm telur kocok. Terserah saja sih porsinya ya. Bebaaas :D.
  • Lipat segiempat, cemplungin ke dalam minyak yang sudah panas sambil siram-siram atasnya biar telur matang dan jadinya mengembang kayak di abang-abang itu lho hihihi.
  • Ambil selembar Spring Roll yang lain dan lakukan berulang hal yang sama sampai adonan habis :D.
  • Goreng sampai kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
  • Siap dihidangkan ^_^.


Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam


Nah, terakhir bikin Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam ini pas ngundang teman-teman sesama orang Indonesia yang tinggal sekitaran sini. Enggak banyak-banyak, cuma 2 orang saja hahaha.

Soalnya ya memang cuma kita bertiga doang :p. Perempuan doang. Bapak-bapak mah pada kerja semua ya ^_^.

Ceritanya kita punya acara semacam "Morning Tea" gitu deh. Di mana isinya ya ngemil-ngemil, ocip-ocip plus foto-foto di belakang apartemen karena pemandangan sungainya emang cakep ;).

Salah satu teman saya menikah dengan orang asli Irlandia sini, tinggal di kota sebelah. Mungkin tepatnya, desa atau dusun sebelah! Hahahha. Mungil-mungil kota di sini. Jarak dari kota dia ke kota saya cuma 10 menit sajah :p.

Tempo hari buat menemani si martabak ayam ini, saya bikin onde-onde kacang hijau jugak ;). Plus bikin roti bakar isi meses coklat buat nambah-nambah hehe.

Baca : Resep Kue Onde-onde Kacang Hijau



Yak begitulah edisi Resep Martabak Telur Isi Daging Ayam ala google-masterchef kita hahahaha. Try it yourself, yes? ;). 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...