Thursday, May 5, 2016

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip sudah bisa diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. Untuk pertama kali ya jangan langsung dicampur dulu.

Ingat aturan 3-4 hari untuk perkenalan satu jenis makanan tertentu kepada bayi yang baru belajar makan makanan padat.

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip



Kalau dilihat dari warna lebih mirip warna wortel lah ya. Soalnya parsnip aslinya putih :D. Parsnip sendiri sejenis dengan wortel, satu kelas apa satu genus gitu --> yyiuuuk yang masih ingat pelajaran Biologi hihihi :p. 


Yang pertama kali saya kenalkan ya wortel dulu lah yang paling familiar :D. 3 hari dicoba, sip, tidak ada masalah. Barulah dikenalkan ke parsnip. Parsnip juga lancar jaya.

Parsnip itu kayak apa, sih?

Jujur ya, baru tahu sayur jenis ini pas tinggal di sini hihihi. Di Jakarta-Teheran-Jeddah rasanya enggak pernah nyoba deh. Mungkin ada yang jual tapi saya enggak ngeh aja. 

Rasanya sih enaaaaaaak (y). Manis-manis juicy gitu ^_^. Wortel kan juga agak manis ya. Nah, parsnip ini lebih manis lagi. Teksturnya juga lebih creamy. Setelah dikukus sampai lunak, tinggal dibejek-bejek pakai sendok juga bisa halus tanpa diblender.


Tapi karena digabung dengan wortel, setelah dikukus ya diblender bareng dengan wortelnya. Wortel kan enggak bisa dihalusin pakai sendok doang, atau saya yang kurang telaten ya? :p.

Baca juga : Resep MPASI Puree Zucchini

Btw, parsnip tuh kayak gini nih :


Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip


Mirip wortel kan? Cuma warnanya putih. Kalau dikupas pun isinya juga putih. Rasanya aja yang lebih...eh, sudah dibahas di atas deng hihihi. Diiulang-ulang mulu :p.

Sesuai rekomendasi situs wholesomebabyfood, parsnip termasuk buah yang disarankan sejak perkenalan makanan padat ke bayi di usia 6 bulan. Sejak 4 bulan juga boleh, sih. 

Nah, kalau di sini parsnip memang sayur lokal, gampang bener nemu di mana-mana ^_^.  

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip

Bahan :


  • 1 buah wortel, kupas, dan potong kecil-kecil. Ukuran dan bentuk terserah. 
  • 1 buah parsnip, kupas dan potong-potong juga kayak wortel tadi
  • ASI/Sufor/air putih matang untuk mengencerkan. Ukurannya tergantung tingkat keenceran yang diinginkan.


Cara Membuat :


  • Kukus wortel dan parsnip sampai lunak
  • Masukkan hasil kukusan wortel dan parsnip ke dalam blender/food processor bersama ASI/sufor/air putih matang. 
  • Giling sampai halus. Kalau masih 6-7 bulan dibuat sehalus mungkin ya biar tidak tersedak. 
  • Siap dihidangkan ^_^


Kalau ingin diberikan kepada si kecil saat itu juga, silakan sisihkan sesuai porsi ke dalam mangkok/piring si adek bayi. Sisanya bisa disimpan dalam wadah-wadah kecil, seperti contoh di foto ini, ya :

Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip

Simpan wadah-wadah makanan bayi dalam freezer. Bisa tahan hingga 2-3 bulan. Kalau di luar freezer (bagian kulkas yang dinginnya sedang) bisa tahan 3-4 hari kalau tidak salah. 

Saya sih sering simpan di freezer saja. Walaupun biasanya 2-3 hari juga habis hehehe.Tiap wadah untuk satu kali makan saja, ya. Karena begitu sudah keluar dari freezer tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas lagi, harus langsung dihabiskan.

Baca juga : Resep MPASI Puree Ayam Wortel

Semoga membantu ya Resep MPASI Puree Wortel dan Parsnip -nya ^_^. Dicobain ke adek bayinya di rumah yaaaaa ;). 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...