Saturday, May 7, 2016

Resep Nasi Liwet Ikan Teri

Resep Nasi Liwet Ikan Teri kali ini mudah-mudahan yang versi "bener"nya ya. Soanya dulu tuh saya mengira nasi liwet itu pakai santan hahaha.

Resep Nasi Liwet yang ini sih jelas tidak pakai santan (lagi) :p.




Saya juga ragu sih dulu sebenarnya pernah atau tidak makan nasi liwet. Kebanyakan makan nasi uduk neh hihi. Tapi pas sekali bikin pakai santan itu rasanya memang beda dengan nasi uduk. 

Terus ingat teman saya ada yang posting nasi liwet dan kita pun mengobrol di postingan itu, ngalor ngidul hingga akhirnya ketahuan kok saya bikin nasi liwetnya pakai santan. Terus dikasih pencerahan *tsaaaah* kalau nasi liwet itu kagak pakai santan, woiiiii *toyorKepalaSendiri*.



Akhirnya kemarin nemu Resep Nasi Liwet Ikan Teri ini via Facebook. Tahu kan,di Facebook tuh sekarang lagi hype banget sharing-sharing resep masakan. Masakan apa saja ada. Makanan dari luar negeri juga banyak :D.

Tapi kita mah lidah kampung sejati yak. Walau bertaburan resep sushi dkk, nyarinya ya tetep Nasi Liwet Ikan Teri :p. 

Ini sudah dimodifikasi sih, dari takaran terutama. Karena resep asli kalau enggak salah pakai beras sampai 2 liter. Siapa gitu yang mau makan sebanyak itu hahaha. 

Masaknya juga cuma di panci biasa. Yang anti lengket lah ya kalau bisa. Tapi katanya panci apa saja juga bisa. 

Resep Nasi Liwet Ikan Teri

Bahan :

  • 500 gr beras (kalau di sini pakainya yang jenis long grain, tapi kayaknya pakai yang basmati itu juga enak :D), cuci bersih, taruh dalam panci.
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 6 siung bawang merah, kalau saya pakai bawang bombay :p. Iris tipis juga.
  • 2 buah cabe merah besar, iris tipis
  • 1 sereh, geprek
  • 4 lembar daun salam
  • Garam + gula secukupnya
  • 100 gr ikan teri, goreng (minyaknya sisihkan ya jangan dibuang, nanti  kepake buat menumis bawang dan juga sebagai campuran di beras)
Cara Membuat :

  • Campur beras dengan air dalam panci. Takarannya sih dikira-kira saja. 
  • Kalau tidak salah patokannya, air untuk memasak beras dalam panci lebih banyak daripada air yang digunakan jika memasakk via rice cooker. Jadi, kalau di rice cooker 2-3 ruas jari dari permukaan beras, maka di panci ketinggian air cukup 1-2 ruas jari dari permukaan beras.
  • Masukkan ikan teri yang sudah digoreng tadi ke dalam panci
  • Tumis bawang putih + bawang merah dengan minyak sisa menggoreng ikan teri tadi. Setelah wangi campurkan ke dalam beras di panci tadi. Masukkan dengan minyak sisanya sekalian.
  • Masukkan irisan cabe, garam + gula, sereh, daun salam ke dalam panci. Lalu aduk-aduk.
  • Tutup panci dan masak dengan api kecil sampai matang. Nah untuk kematangan sendiri ya gimana ya, dikira-kira sendiri ya hehehe. Jenis beras, panci, dan ukuran api kan ngaruh, ya. Kalian pasti lebih jagoan dah daripada saya hehe :p.
  • Selesai deh. Mari makaaaaan ^_^.
Resep Nasi Liwet Ikan Teri

Lauk untuk menemani hasil dari Resep Nasi Liwet Ikan Teri ini ya terserah saja kok ya. Sebenarnya nasi liwet biasanya dimakan pakai apa sih? Hihihi. Maklum ya, saya sendiri jarang nih makan nasi liwet.

Kalau dari rasanya, dimakan dengan ayam goreng rasanya juga mantap. Tapi kemarin pas bikin, akhirnya dibikinin tahu kuah pecak sebagai partner si Nasi Liwet ini hehe.


Enyaaaaaaakkk (y), nih saya kasih fotonya aja ya hahaha. Wong ini juga bikinnya udah lama kok. Resep Nasi Liwet Ikan Teri -nya aja yang baru diposting :p.

Resep Nasi Liwet Ikan Teri


Ikan teri juga merupakan salah satu sumber kalsium, lho ;). Jadi tidak melulu harus minum susu sapi dan susu hewan lainnya kan? :D. Banyak sumber kalsium lain yang sebenarnya bisa kita dapatkan dari jenis-jenis makanan lain, terutama non susu hewan yang lebih ideal untuk pencernaan manusia :).

Boleh percaya boleh tidak hahaha :p.

Silakan dicoba di rumah masing-masing Resep Nasi Liwet Ikan Teri versi mbak-nya yang kemampuan masaknya masih selevel alasan kewajiban saja hihihi :p. 



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...