Tuesday, September 20, 2016

Resep Lapis Daging Sapi

Resep Lapis Daging Sapi sebenarnya berasal dari daerah mana, ya? Sering sekali ada embel-embel kata "Surabaya" di belakangnya. Apa dari Jawa Timur?


Resep Lapis Daging Sapi


Hmm...bisa jadi, ya. Tapi umumnya kan masakan Jawa Timur cenderung tidak manis-manis seperti gudeg misalnya yang berasal dari Yogyakarta.

Ish, ribet bener mikirannya, Neng? Hahahha. Maklum yaow, kite pan asli Bugis-Sulawesi nih. Boleh dong ya kalau pengin tahu asal-usul masakan khas nusantara.

Pertama kali kenal Resep Lapis Daging Sapi dari embak yang dulu pernah di rumah di Jakarta. Mbak Sum, embak favoritkuuuuu <3. Jago masak, kerjanya kuat dan enggak perlu diintilin ke mana-mana, kalau beresin rumah pasti kinclong deh! ^_^


Si embak juga lumayan oke buat nemenin anak main. Lah, terus situ ngapain dong? Ya ngupil-ngupil aja dong kita di rumah! Hahaha :p #masaLaluOhMasaLalu 

Selain saya memang tidak terlalu ngefans dengan daging sapi, ini ditambah lagi rasanya manis-manis walau ada pedasnya, makin-makin deh...enggak terlalu doyan :D. Tapi dulu anak saya doyan booooo.

Jadilah saya biarkan saja sekali-sekali si embak masak si Resep Lapis Daging Sapi ini. Yang cukup khas, yang masih saya ingat, adalah campuran telur yang dikocok lepas saat masakan sudah hampir matang. 

Ternyata pas ceki-ceki resep via googling (maklum sih kita modal masaknya nyontek doang hahaha), ada juga Resep Lapis Daging Sapi yang pakai cabe merah/cabe keriting. Dulu kok rasanya si Embak Sum enggak, ya. Apa sebenarnya pake tapi saya yang enggak tahu? Hahahaha.

Sekarang sih bikin Resep Lapis Daging Sapi buat variasi menu daging sapi aja. Kita yang sudah berumur ini (iya, saya umurnya bentar lagi 37 tahun! huhu) memang sebaiknya mengurangi asupan protein hewani. Tapi anak-anak belum perlu seketat kita.

Kalau masak Lapis Daging Sapi sih tenaaaaaang, saya enggak gitu doyan soalnya hehe. Jadi biasa saja ngeliatin anak-anak makan tapi saya enggak kepengin :D.

Setelah diterawang sana sini, saya memutuskan untuk menyontek Resep Lapis Daging Sapi dari situs Sajian Sedap hehe. Kayaknya gak ribet bahan-bahannya dan saya skip cabe merah besarnya. Tetap saya tulis lengkap kok resepnya ;).

Ini dia resepnya :)


Resep Lapis Daging Sapi


Bahan :

500 gr daging sapi, bagian has dalam yang biasanya buat rendang itu kalau gak salah :D.
1 gelas belimbing air rebusan daging, kira-kira 200 ml
Minyak untuk menumis
Garam-gula secukupnya
Taburan bawang goreng
3 sdm kecap manis 

Bumbu Halus :

3 buah cabe merah besar / 5-7 cabe merah keriting, saya skip nih :D
3 siung bawang merah, saya pakai setengah siung bawang bombay ukuran kecil/sedang
7 siung bawang putih
5 kemiri sangrai
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt merica bubuk

Resep Lapis Daging Sapi


Cara Membuat :

Tumis bumbu halus sampai wangi
Tambahkan daging ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata. Tunggu sampai daging berubah warna.
Masukkan air rebusan, garam + gula serta kecap manis, pala, dan merica. 
Rebus daging + bumbu hingga bumbu meresap dan daging empuk/matang. 
Tambahan : Bisa juga sebelum diangkat, masukkan kocokan 1 butir telur dan aduk sampai tercampur rata. 


Membuatnya tidak susah :D. Standar lah. Ulek-ulek doang, pakai blender kalau malas :p. Campur-campur, tumis-tumis, rebus....beres deh! ^_^.

Hasil akhir dari Resep Lapis Daging Sapi ini didominasi rasa manis plus gurih. Pastikan dagingnya empuk betul ya biar enggak bete makannya hahaha :p. Pengalaman saya waktu awal-awal belajar masak, karena engggak sabaran, dagingnya suka kecepetan diangkat.

Sampai sekarang belum pernah pakai panci presto nih :D.

Yuk ah, lagi ngetik buru-buru nih hihihi. Adek bayi lagi rueweeeeelllll :p. Praktik-in di dapur masing-masing ya Resep Lapis Daging Sapi -nya ;).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...