Sunday, February 21, 2016

Resep Capcay Ayam

Jarang-jarang sebenarnya bikin Resep Capcay Ayam ini. Soalnya lebih doyan kalau sayurannya dimakan segar, cukup dicuci bersih saja lalu dipotong-potong dan ditaruh ke piring. Praktis dan jelas ... lebih sehat ;).

Tapi sesekali kepengin juga praktik Resep Capcay Ayam buat variasi. Enggak harus sekali seminggu. Se-kepengin-nya aja. 

Untuk brokoli pun itu sebenarnya enak lho kalau hanya dikukus saja sampai agak lunak. Paling sekitar 3-4 menit. Terus dimakan tanpa dibumbuin apa-apa. Rasanya juicy, tidak ada pahit-pahitnya. Dulu waktu kecil saya takut makan sayur karena bayanginnya tuh pahit hehehe.

Jadilah tuh, waktu kecil sering kena sembelit. Sayur enggak suka, buah enggak doyan *tutupMuka*. Saya sering bermasalah dengan makanan waktu kecil dulu.


Resep Capcay Ayam Simpel


Setelah mengenal Food Combining, saya paksakan makan sayur + buah. Memang untuk Food Combining, pagi-pagi kan ekslusif buah, ya. Dari bangun tidur sampai  kira-kira jam 11-12 siang hanya boleh makan buah. 

Ternyata benar, buah tuh bikin cepat kenyang. Tapi cepat  lapar lagi. Makanya, makanlah sebanyak-banyaknya, jangan ditahan-tahan ;).
Ini kenapa jadi ceramah Food Combining padahal mau share resep Capcay Ayam siiiiiih -_-. 
Sebenarnya, capcay ini tidak harus ada protein hewaninya sih. Cuma kebeneran yang kefoto malah yang pas pakai ayam hihi. Pakai tahu-tempe juga enak lho. Atau pakai jamur, atau cemplungin tiga-tiganya. Kalau ada fotonya berarti bisa bikin postingan baru dong ya ;), Resep Capcay Vegetarian :D. 

Jenis sayuran juga suka-suka saja. Untuk Resep Capcay Ayam yang saya coba paling seringnya tuh wortel, brokoli, kembang kol plus batang seledri. 

Tapi pernah nonton di tivi tayangan acara lomba masak-masak dan ada Chef Juna kalau gak salah. Di talk shownya Sarah Sechan di NET TV deh rasanya. Chef Juna bilang ada sayuran tertentu yang paling pas untuk capcay. Nah itu saya enggak ingat apa saja hahaha.

Mama saya pas di sini seringnya bikin capcay dengan bumbu sederhana gitu. Hanya pakai garam gula merica plus kaldu blok. Nah, yang ini ala-ala oriental ya. Pakai saos tiram dkk soalnya hehe.

Resep Capcay Ayam

Resep Capcay Ayam 

Bahan :

  • 100-200 gr ayam fillet, potong-potong dan cuci bersih
  • Aneka sayuran : wortel, brokoli, batang seledri dll. Cuci bersih, potong-potong.
  • Bawang putih, cincang halus
  • Bawang bombay, cincang kasar
  • Merica bubuk
  • Saos Tiram
  • Kecap manis
  • Kecap Ikan 
  • Garam secukupnya
  • Minyak zaitun untuk menumis

Cara Membuat :

  • Tumis bawang bombay sampai harum. 
  • Masukkan bawang putih. Tumis bareng lagi sampai bawang putihnya ikut wangi.
  • Masukkan ayam fillet. Aduk sedikit sampai berubah warna jadi putih/keputihan.
  • Masukkan sayur-sayuran. Aduk sebentar saja hingga agak tercampur.
  • Masukkan semua sisa bumbu (merica + saos tiram + kecap manis + kecap ikan). Aduk sampai rata. Jangan lama-lama ya biar sayurnya tidak terlalu lembek. Tapi tergantung selera sih, saya senangnya kalau sayurannya masih kriuk-kriuk ;).
  • Tambahkan garam dan gula. Coba dulu ya sebelum menambah garam karena kecap ikan rasanya sudah asin. Kalau kebanyakan kecap ikan, sebaiknya tidak usah pakai garam lagi.
  • Matikan api. 
  • Sebelum dihidangkan, kalau misalnya pakai sayuran yang gampang matang seperti sawi/lettuce. Masukinnya terakhir saja. Setelah api dimatikan. Jadi capcaynya masih panas tapi tanpa api. Masukkan sawi/lettuce. Aduk seperlunya. 

Kita tetap perlu menyantap sayuran segar selain sayur-sayuran yang sudah terlanjur ikut ditumis bareng di Resep Capcay Ayam tadi. Gampang saja, kok. Di piring, saya biasanya juga siapkan potongan timun atau tomat segar. Kadang juga, lettuce-nya saya pisahkan. Dicampur setelah di atas piring. Jadi, tetap disantap dalam kondisi segar ^_^.

Buat yang Food Combining, Resep Capcay Ayam dinikmatinya jangan pakai nasi yaaaa hehehe. Ingat karbohidrat dan protein hewani BUKAN kombinasi yang pas ;). Kecuali Resep Capcay pakai model vegetarian (non protein hewani), nah silakan deh tuh makan pakai nasi :D.

Bikin capcay sih tidak tergolong sulit, ya. Bumbu-bumbunya juga sangat fleksibel. Ada yang pakai kecap asin dan tanpa saos tiram. Pokoknya tergantung selera saja. Nah, yang ini memang resep ala-ala saya hehehe. Silakan dicoba ya Resep Capcay Ayam ala dapur amatiran ini :p. 

Resep Capcay Ayam Sederhana








1 comment:

  1. Masakan Capcai banyak mengandung sayuran baik untuk kesehatan, saya suka capcai kapan-kapan dibuatkan dong

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...