Saturday, April 2, 2016

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint ini resep jadi-jadian setelah sok-sok an memelajari resep-resep ayam panggang ala "bule" hahaha.

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint


Kalau Resep Ayam Panggang ala-ala orang Indonesia mah susah soalnya kalau dimakan enggak pakai nasi :p. Ya kan, kan, kan? *ngelapIler*. Sudah mana bikinnya rata-rata lebih "ribet". Wajar kalau begitu mateng bikin laper membabi buta hahaha.

Nah, kalau lihat di video youtube atau iseng baca-baca resep ayam panggang dari ranah "western world" kok kayaknya praktis gitu, ya. Demikian juga dengan kebab-kebab Timur Tengah. Cuma tabur-tabur bumbu, didiamkan sebentar (marinade) selama setengah jam terus panggang. Voila! Kelar.

Makanya penasaran pengin nyoba juga.

Selain pertimbangan lebih ringkas, waktu yang dibutuhkan juga cepat, rasa pun juga lumayan ya kalau nyobain makan di restoran Turki di kota sini. Ya di sini jarang-jarang resto halal hehe. Kalau suntuk ya makannya di situ lagi, di situ lagi, hehehe.

Belum lagi lebih sehat -nya ;). Karena minim minyak dan tidak digoreng pula. Tetap pakai sedikit lumuran minyak zaitun, sih. 

Padahal waktu tinggal di Jeddah udah sering juga nyobain kebab-kebab ala Tim Teng. Mau Turki ada, khas Arab apalagi, ala-ala non Saudi juga banyak. Tapi ya gitu deh, di Jeddah serba murah dan serba gampang, jadi malas mau bikin-bikin sendiri :p.

Ternyata, bikinnya jauh lebih gampang ketimbang resep ayam panggang khas tanah air ;). Etapi ini asumsi saya ya. Saya memang enggak hobi masak sih? Lah ya terus kenapa bikin blog resep? Ya buat kenang-kenangaaaaaaaaaaan ^_^, plus adsense! Hahaha :p.

Mumpung rajin masak, terus banyak aplikasi photo editor gratisan, enggak susah mau motret sendiri terus pasang di blog hihihi.

Balik ke topik Resep Ayam Panggang Paprika-Mint :D. 

Ini resep bikinan sendiri hahaha. Abisnya bahan-bahan yang ada agak banyak tuh paprika dan daun mint. Kalau orang bule sendiri sih, apa aja bisa dicampurin kok emang. Daun Rosemary, daun basil dll, bisa dicemplungin semua.

Tapi karena bubuk Paprika oleh-oleh suami dari Hungaria (oleh-oleh kok bumbu dapur sih Bang? *nangis*) belum habis juga dan sisa cincangan daun mint juga masih banyak, jadi saya pakai 2 bahan ini sebagai bahan utama.

Hasilnya? Ya enak dong, kalau enggak enak enggak bakal saya posting hahaha :p.

Saya kenalan pertama kali dengan Daun Mint itu juga di Jeddah. Ternyata, ada ya beneran dalam bentuk daun dan rasanya benar-benar aroma mint. Norak lu! Embeeeer :p.

Waktu naik haji, ada yang kena flu. Terus saya dimintai tolong mengambilkan daun mint yang dibawain suaminya. Tenda laki dan perempuan kan dipisah. 

Setelah mengambilkan, si mbak-nya (asal Mesir) juga memberikan sedikit daunnya buat saya. Segar katanya kalau diminum pakai teh :). 

Don't worry rasaya tidak ada pahit-pahitnya sama sekali. Seger malah. 

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint

Bahan :

  • 300 gr ayam fillet, potong seukuran yang diinginkan, cuci bersih
  • Jeruk nipis perasan
  • Garam secukupnya 
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt bubuk paprika merah
  • 1-2 sdt daun mint, sesuai selera saja.  dalam bentuk setengah bubuk sudah dicincang halus). Di sini ada yang jual dalam bentuk botolan.
  • 1 sdm minyak zaitun 
Resep Ayam Panggang Paprika-Mint
Sebelum masuk oven 


Cara Membuat : 

  • Lumuri ayam dengan jeruk nipis perasa + garam + merica + bubuk bawang putih. Remas-remas sampa rata. Diamkan selama minimal setengah jam agar bumbu meresap.
  • Panaskan oven di suhu 180-200 dercel.
  • Taruh potongan-potongan ayam dalam wadah besi. Saya lapisi dengan aluminium foil. Enggak juga enggak apa-apa, kok.
  • Taburkan paprika merah dan daun mint serta minyak zaitun, lalu aduk sampai rata. Pakai tangan saja. Enggak perlu sampai yang rata banget. Pokoknya asal sudah tercampur. Itu bintik-bintik gelapnya (hijau tua) dari daun mintnya, ya. 
  • Setelah oven panas, masukkan wadah besinya. Panggang ayam kira-kira 7-10 menit. Tergantung potongan ayamnya. Kalau kecil-kecil kan cepat matang.
  • Keluarkan sebentar lalu balik ayamnya. Masukkan lagi ke dalam oven. Panggang lagi sekitar 5-8 menit. Sebentar saja pemanggangan yang ke-2 ini.
  • Beres deh. Segera hidangkan dengan potongan sayuran segar. 

Buat yang Food Combining, ingat-ingat lagi yaaaaa, kombinasi protein hewani dan karbohidrat itu BUKAN kombinasi serasi ;). Jadi Resep Ayam Panggang Paprika-Mint ini cukup dinikmati dengan segabruk-gabruk sayuran segar hehehe.

Resep Ayam Panggang Paprika-Mint


Tapi jangan sampai lebay, ya, mengkonsumsi protein hewaninya. Karena protein hewani sesungguhnya salah satu jenis makanan yang paling memberatkan sistem cerna kita :(. Kalau pun sudah sakaw protein hewani, ikan adalah pilihan yang paling pas.

Takut kekurangan protein? Protein juga bisa didapatkan dari protein nabati seperti tahu dan tempe ;). Lagian banyak jenis sayuran yang juga bisa memberikan asupan protein. Walau tidak setinggi protein dari hewani. Tapi ingat, protein hewani ini sisi negatifnya juga banyak untuk pencernaan kita :D. 

Lagian kita ini bukan carnivora lho ya hihihihi :p. 

Hasil akhirnya, daging ayamnya berbintik gelap berwarna kemerah-merahan. Tapi rasanya sama sekali tidak pedas soalnya cuma pakai bubuk paprika doang :D. Kalau pakai bubuk cabe, bisa pingsan duluan anak saya yang nomor 2 hahahaha :p.

Cobain yuk, Resep Ayam Panggang Paprika-Mint nya. Buat variasi gitu lah ;). 



1 comment:

  1. Wah, resep modifikasi baru mba jihan. Perlu coba nih. he..he :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...