Friday, August 19, 2016

Resep Terong Balado (Tanpa Digoreng)

Resep Terong Balado (Tanpa Digoreng) ini menunjukkan betapa susahnya kita benar-benar move on dari yang namanya goreng-gorengan. Walau terongnya tidak digoreng, tapi sambalnya tetap ditumis hihihi. 

Resep Terong Balado Tanpa Digoreng




Masih ngotot mau makan yang endes-endes, jadilah Terong Baladonya dimodifikasi dikit. Walau tetap saja tidak bisa benar-benar lepas dari edisi minyak-minyak-an :(.

Terong Balado ini favorit saya dan suami. Pada dasarnya kita berdua senang yang pedas-pedas. Apa saja dibalado, deh. Mulai dari telur, tempe, tahu, segala daging hewan, kacang-kacangan dan seterusnya :D.

Baca juga : Resep Tahu Balado

Kebiasaan sehari-hari saya dan keluarga adalah mengkonsumsi sayur dalam kondisi segar. Alias hanya dicuci bersih dan dipotong-potong dan langsung masuk piring kemudian hap-hap-hap. Praktis kan? Dan lebih sehat tentunya ;).

Konsumsi sayuran dalam kondisi segar memungkinkan kita memperoleh manfaat gizi sayur seoptimal mungkin. Baik enzim, vitamin maupun mineralnya. Karena konon kalau sudah dipanaskan, banyak enzim dan zat gizi lainnya yang akan "hilang" :(. Sayang, kan?

Selain bisa mendapatkan gizi optimal, konsumsi sayuran dalam kondisi segar menghemat waktu  banget, lho. Hemat tenaga, hemat listrik dan ujung-ujungnya ya hemat duit lah yaow :p. Emak-emak banget dah hahahaha.

Tapi ya balik lagi, untuk urusan terong nih, sudah terbiasa banget makan terong disambelin. Apalah arti hidup ini kalau harus makan terong tanpa dibalado? #eaaaaaaa drama abessssss :p.

Ah ya, soal terong-terongan ini. Ternyata, istilahnya beda-beda juga, ya. Di wilayah Eropa sini terong (yang biasanya berkulit ungu itu) dikenal dengan nama Aubergine. Sementara sebelumnya saya tahunya terong itu Eggplant :D.

Penampakan juga agak beda.

Di Irlandia sini, aubergine-nya montok-montok bener hehehe. Kalau di Indonesia kan panjang-panjang langsing gitu ya. Gini kira-kira penampakan terong gendut itu hehe :

Resep Terong Balado Tanpa Digoreng
Gambar : whitmuirtheorganicplac.co.uk

Beda kaaaaaaaaan hehehe.

Untuk sambal baladonya ya terserah saja ya campurannya. Yang dipake sehari-hari saja. Saya sendiri kadang pakai terasi kadang juga enggak.

Resep Terong Balado (Tanpa Digoreng)


Bahan :

  • 1 buah terong, potong-potong sesuai keinginan. Cuci bersih. 
  • 4-6 buah cabe merah besar. Di sini enggak ada cabe merah keriting. Sebenarnya enakan pakai cabe merah keriting kali, ya.
  • 1/2 butir bawang bombay. Biasanya sih bawang merah hehe. Tapi di sini adanya bombay. Enak juga ^_^.
  • 1 buah tomat, cincang kasar
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1/4 sdt terasi
  • Garam gula secukupnya
  • 1-2 sdm minyak goreng untuk menumis


Cara Membuat :


  • Rendam potongan terong dalam air garam maksimal 1 menit lah ya. Tiriskan.
  • Haluskan cabe merah + bawang bombay + terasi
  • Tumis bumbu halus sampai wangi
  • Masukkan tomat + air asam jawa. Aduk rata. 
  • Masukkan garam dan gula. Aduk lagi. Koreksi rata
  • Kalau rasanya sudah oke, masukkan potongan terong. 
  • Aduk-aduk potongan terong sampai bumbu tercampur merata.
  • Selesai deh, matikan kompor ;).


Kalau saya paling doyan makan terong baladonya dengan masakan tempe atau tahu plus nasi panas dong tentunya. Satu lagi, dengan beberapa sayuran segar tambahan. Kalau terong doang kurang aja gitu rasanya hehehe.

Resep Terong Balado Tanpa Digoreng


Biasanya nambah potongan timun + tomat segar :D. Etapi di fotonya si tomat belum sempat ditambahkan. Sesuai selera masing-masing saja, ya. Sayuran kan banyak ragamnya. Usahakan mengkonsumsi sevariatif mungkin di waktu makan berbeda-beda. 

Buat yang ngikutin pola makan ala Food Combining, kalau terongnya mau dimakan pakai protein hewani (ikan, ayam, sapi dll), nasi putihnya digeser dulu yaaaaaaa :D.

Dalam pola makan Food Combining, sebaiknya tidak mencampur karbohidrat dengan protein hewani. 

Rasanya tetap enak kok. Lebih juicy malah kalau menurut saya. Kalau digoreng terongnya malah jadi letoy gitu gak sih? Udah gak jelas lagi apanya yang mau dimakan hehehe.

Daripada dibayang-bayangin, praktik-in sendiri aja Resep Terong Balado Tanpa Digoreng -nya, yes? ;). 

1 comment:

  1. Memang sih, Jihan .... sambal tumis itu menggoyahkan iman.
    saya suka sambal tumis tapi suka juga sambal mentah dabu2.
    Pokoknya kalo ada sambal, nasi bisa berbakul-bakul habis .... kalo ndak bisa menahan diri :D

    Alhamdulillah, masih bisa menahan diri. Palingan nasi habis setengah bakul wkwkwk.

    Pa kabar Jihan? saya baru lihat blog yang ini .... sip sip mantap (y)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...