Friday, February 12, 2016

Resep Daging Empal Gepuk

Resep Daging Empal Gepuk ini sudah lumayan sering dipraktikkan. Masakan andalan booo buat hantaran ke rumah orang atau kalau ada acara di rumah hihihi.

Di Jeddah dulu kan sering ada pengajian. Kalau saya ketempatan biasanya sih enggak masak hahaha. Mending pesan sana sini. Paling sering pesan nasi kuning komplit dari Bu Hani *dadahDadahKeBuHani* :p.

Katering di Jeddah kan banyak. Enak-enak pula. Harga juga tidak tergolong malah. Ngapain kan capek-capek? *lemparCelemek*.

Semalas-malasnya di Jeddah, sempat juga beberapa kali praktik resep. Daging sapi terutama. Waktu itu belum kenal pola makan Food Combining. Jadi makan sesuka hati saja hehe.

Nah, begitu deh pertama kali kepincut Resep Daging Empal Gepuk ini.


Resep Daging Empal Gepuk


Resepnya dari dapur Mbak Herti. Mbak Herti salah satu tempat menyontek resep paling  jadul. Itu  kumpulan resepnya dari tahun 2006 aja gituuuuh. Kalian sudah lahir belum? Hahaha. Lahir sebagai blogger maksudnya :p. 


Untuk resep ini, Mbak Herti pasang disclaimer, "enggak akan gagal insya Allah". Waduh,  makin seneng. Langsung lah dicoba. Dan benar...percobaan pertama kali langsung endeeeessss *tepukTangan*.

Terus abis itu ya jarang bikin lagi hahaha. Memang masak sesekali buat senang-senang saja di Jeddah mah. Tapi bikinnya lebih dari sekali dua kali lah. Karena sudah tahu  hasilnya maknyus, enggak ragu mau bikin ini. 

Jelang mau final exit, ketempatan pengajian lagi. Terpikirlah untuk sesekali memasak. Resep Daging Empal Gepuk -nya menjadi salah satu menu pilihan saya. Sambutannya lumayan lah. 

Maklum sih ibu-ibu, banyak basa basinya. Kadang enggak yakin beneran enak atau enggak hahaha. Tapi melihat stok di piring yang nyaris kosong, kayaknya emang enak. Tapi apa iya ya? Tetap ragu hihi.

Yang penting ... suami doyan! Anak-anak hepi.

Di Irlandia sini tetap jarang sih bikin gini-ginian. Again, saya tidak terlalu doyan daging sapi. Tapi demi suami dan anak-anak ya daging sapi tidak ditinggalkan sama sekali. 

Baca : Resep Sop Daging Sapi Ala Sop Buntut

Terakhir bikin resep ini juga sudah lama, sih. Baru diposting saja. Menunggu fotonya selesai diedit :p. Biasanya foto-foto di blog ini saya potret sendiri pakai ponsel. Makanya banyak yang blur dan komposisinya kurang hehe. Maaf, enggak doyan motret -_-. 

Nih baru dapat foto-fotonya dari suami, maka mari kita posting resepnya ^_^.

Ini resep asli dari Mbak Herti di link ini, ya. Tapi saya seringnya pakai setengah resep saja. Kecuali  buat acara "besar", bikinnya bisa 2 kg langsung hehe.

Bedanya lagi, saya lebih suka kalau dagingnya sudah dipotong-potong dulu baru direbus. Sisanya sama plek-plek. 


Resep Daging Empal Gepuk

Bahan :

  • 500 gr daging sapi
  • 300 ml santan kalengan
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1 lembar daun salam 

Bahan dihaluskan :

  • Seperempat bawang merah besar. Kalau pakai yang kecil-kecil kira-kira 5 siung.
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk
  • 1/2 sdt lengkuas bubuk
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :

Resep Daging Empal Sapi


  • Daging dipotong memanjang dan agak tebal. Paling enak kalau memotong daging dalam kondisi setengah beku. Setelah dipotong barulah dicuci bersih.
  • Rebus daging dengan air secukupnya + daun salam sampai air habis. 
  • Daging ditumbuk-tumbuk biar agak penyet.
  • Santan + bumbu halus dididihkan dalam panci. Aduk santan agar tidak pecah.
  • Lalu masukkan daging dan rebus sampai matang dan bumbu terserap. Jangan lupa masukkan garam + gula merah. Sesuai selera saja mau manis gurihnya semana.
  • Diamkan daging selama kurang lebih sejam. Lebih bagus kalau menginap semalam dalam kulkas. 
  • Goreng daging di atas minyak mendidih sampai kering.
  • Bisa disajikan dengan bawang goreng kalau mau.

Terakhir bikin Resep Daging Empal Gepuk buat hantaran ke rumah teman. Sebelumnya dapat kiriman bakso, siomay dan segala pernak pernik dari Neng Maya. Terima kasih ya Uni Maya *ciyum*.

Jadilah, kepikiran bikin Resep Daging Empal Gepuk plus Risoles Ragout Ayam sebagai tanda terima kasih. Resep Risoles-nya menyusul setelah ini ;). Difotonya bareng soalnya :D.

Baca : Resep Risoles Ragout Ayam 

Beneran, lho. Resepnya mantap. Mbak Herti enggak bohong. Mbak Jihan juga enggak bokis kok hahahaha. 

Kalau minta dibikinin mah kejauhan yak :p. Cara lain membuktikannya? Ya dibikin sendiri yuk Resep Daging Empal Gepuk -nya. Mariiiiiiiiii (y). 

Nah ini sudah ada versi vlognya lho :D. Jadi saya rekam proses pembuatan Resep Daging Empal Gepuk ini dari awal sampai dagingnya selesai digoreng. Silakan dilihat ^_^. 












No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...